Profil Kecamatan Makassar

0
54

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Kecamatan Makassar merupakan salah satu kecamatan yang ada di Kota Makassar. Dikutip buku Kecamatan Makassar dalam Angka yang diterbitkan Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Makassar, kecamatan ini memiliki luas wilayah sekitar 2,52 km persegi atau sekitar 1,43 persen dari luas kota Makassar secara keseluruhan.

Di Kecamatan Makassar terdapat 14 kelurahan, yakni Kelurahan Maricaya, Maricaya Baru, Maradekaya Selatan, Bara Baraya Selatan, Bara Baraya, Maradekaya, Maradekaya Utara, Bara Baraya Utara, Bara Baraya Timur, Maccini Parang, Maccini, Maccini Gusung, Lariang Bangi dan Barana.

Maccini Kelurahan Terluas

Kecamatan ini memiliki nama yang sama dengan Kota Makassar. Kecamatan Makassar sendiri merupakan salah satu dari 15 kecamatan yang ada di Kota Makassar. Kecamatan ini berbatasan dengan Kecamatan Bontoala di bagian Utara, Kecamatan Mamajang di bagian Selatan, Kecamatan Ujung Pandang di bagian Barat, serta Kecamatan Panakukkang dan Rappocini di bagian Timur.

Kelurahan Maccini menjadi wilayah terluas di Kecamatan Makassar, dengan total luas wilayah 0,26 km persegi. Sedangkan Kelurahan Maradekaya adalah wilayah terkecil dengan total luas wilayah 0,11 km persegi.

Demografi Penduduk

Melansir dalam buku yang sama, penduduk Kecamatan Makassar tahun 2021 tercatat sebanyak 83.586 jiwa. Kepadatan penduduknya mencapai 33.169 jiwa per kilometer persegi.

Adapun jumlah kepadatan penduduk tertinggi berada di Kelurahan Bara Baraya Utara dengan 53.536 jiwa per kilometer persegi. Sementara kepadatan penduduk terendah berada di Kelurahan Maradekaya Selatan dengan 18.836 jiwa per kilometer persegi.

Dari keselurahan wilayah ini terdapat 98 jumlah sekolah dari TK 28 Sekolah, SD 32 sekolah, SMP 21 sekolah, SMA 12 sekolah dan SMK 5 sekolah. Sementara, di bidang kesehatan terdapat poliklinik dan puskesmas serta beberapa fasilitas kesehatan lainnya.

Camat Makassar saat ini dijabat oleh seorang Plt bernama Harun Rani. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini