SD Inpres Banta-Bantaeng 1 Makassar Punya 4 Inovasi yang Dilindungi HaKI

0
52

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Menutup tahun 2023, SD Negeri Banta-Bantaeng 1 mendapat kabar menggembirakan. Sekolah Dasar yang berada di Kecamatan Rappocini, Kota Makassar, ini berhasil mencatatkan 4 program inovasinya memperoleh Hak Atas Kekayaan Intelektual (HaKI).

“Alhamdulillah sekolah kami resmi punya 4 inovasi yang mendapat HaKI. Terima kasih kepada guru-guru dan siswa atas dukungan dan kerja samanya,” tulis Kepala UPT SPF SD Inpres Banta-Bantaeng 1, Hj Baena, S.Pd, M.Pd, melalui pesat WhatsApp, Rabu (27 Desember 2023).

Ucapan terima kasih Hj Baena tujukan kepada Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, H Muhyiddin, atas bimbingan dan arahannya. Juga kepada ibu-ibu Komunitas “Amal Ceria” atas partisipasinya dalam program-program sekolah. Ucapan yang sama juga disampaikan kepada Rusdin Tompo, pegiat Sekolah Ramah Anak, yang selama ini jadi bagian dari kolaborasi dan jejaring sekolahnya.

Keempat HaKI yang dimaksud Hj Baena, yakni inovasi “Amal Ceria” (anak mama lancar literasi numerasI digital), inovasi “Siap Gerak” (siap peduli gerakan aktif), inovasi “Pacarita” (pangung ceria cerita kita), dan inovasi “Bengkel Lino” (perbaikan literasi numerasi dan pelestarian lingkungan).

Empat HaKI yang diperoleh itu atas fasilitasi Balitbangda Kota Makassar, yang merupakan penyelenggara lomba inovasi daerah. HaKI tersebut diterbitkan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkunham) RI, sehingga inovasi SD Inpres Banta-Bantaeng 1 diakui dan dilindungi secara hukum.

Inovasi yang dikembangkan di SD Inpres Banta-Bantaeng 1, berhasil menorehkan prestasi membanggakan. Pada tahun 2023 ini, inovasi “Amal Ceria” berhasil masuk Top 30 KIPP (Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik) Tingkat Sulawesi Selatan. Sedangkan “Bengkel Lino” masuk 10 besar lomba Innovative Major Award (IMA) Kota Makassar, tahun 2023.

Sebagai inovator, Hj Baena hadir dalam kegiatan Refleksi Akhir Tahun 2023 Pemerintah Kota Makassar, yang diadakan di Hotel Four Points by Sheraton, Makassar, 27 Desember 2023. Dalam acara ini juga diberikan penghargaan bagi pemenang IMA 2023 Tingkat Kota Makassar. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini