Sejarah Penamaan Kelurahan Bunga Ejaya di Kecamatan Bontoala

0
56

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM.- Kelurahan Bunga Ejaya adalah salah satu kelurahan di Kecamatan Bontoala, Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan.

Kelurahan Bunga Ejaya memiliki luas wilayah sekitar +0,18 Km² dan terdiri dari 21 RT dan 4 RW.

Dikutip dari Buku Nama Rupabumi Unsur Buatan yang disusun Bagian Tata Pemerintahan Setda Kota Makassar, jumlah penduduk Kelurahan Bunga Ejaya pada tahun 2019 tercatat 4.779 jiwa yang terdiri atas 2.254 jiwa laki-laki dan 2.525 jiwa perempuan.

Arti Nama Bunga Ejaya

Kelurahan Bunga Ejaya terdiri atas dua kata yaitu Bunga dan Ejaya. Bunga artinya kembang dan Ejaya artinya Merah. Kelurahan Bunga Ejaya adalah pecahan atau pemekaran dari Kelurahan Layang sekitar tahun 1983.

Dahulu sebelum diberi nama Bunga Ejaya, para tokoh masyarakat mengadakan musyawarah untuk memberi nama kelurahan, dan setelah bermusyawarah maka disepakatilah nama Bunga Ejaya.

Hal ini dilatarbelakangi karena dahulu terdapat pohon besar yang mempunyai banyak bunga
dan bunganya berwarna merah.

Geografis

Kelurahan Bunga Ejaya sebelah utara berbatasan dengan Kelurahan Layang, sebelah selatan berbatasan dengan Kelurahan Bontoala Tua, sebelah timur berbatasan dengan Kelurahan Bunga Eja Beru Kecamatan Tallo, sebelah barat berbatasan dengan Kelurahan Parang Layang. (Det)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini