Seluk-beluk Jokowi Bakal Habiskan Masa Jabatannya di IKN Selama 40 Hari ke Depan

JAKARTA, EDELWEISNEWS.COM – Presiden Joko Widodo atau Jokowi disebutkan akan menghabiskan masa jabatannya di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Jokowi disebut akan berkantor di IKN selama 40 hari ke depan.

Presiden Jokowi akan bekerja di IKN mulai 11 September hingga 19 Oktober 2024 atau hingga sehari menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Sebagaimana dilansir dari Tempo.co, Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan Hasan Nasbi mengatakan, wajar jika Presiden Jokowi ingin merasakan berkantor di IKN sebelum berganti pemerintah. Sebab Istana Garuda, katanya, tempat Jokowi akan bekerja sebagai kepala pemerintahan sudah bisa digunakan.

“Bagaimanapun ini legacy-nya beliau,” kata Hasan melalui dalam keterangan melalui pesan singkat pada Senin, 9 September 2024. Namun, dia belum merespons pertanyaan lanjutan Tempo mengenai persiapan Jokowi berkantor di IKN.

Tetap bisa lakukan kunker

Pendiri Cyrus Network ini mengatakan, Presiden Jokowi tetap bisa melakukan kunjungan kerja (kunker) ke daerah selama berkantor di IKN, Kalimantan Timur.

“Dengan berangkat dari Ibu Kota Nusantara. Namun, mendelegasikan beberapa agenda ke wakil presiden juga dimungkinkan,” katanya.

Sebelumnya, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono pada Jumat, 6 September 2024, membocorkan rencana Jokowi berkantor di IKN sampai purnatugas.

Keputusan Jokowi untuk pindah berkantor di IKN sudah berulang kali dilakukan. Akhir Juli lalu, Jokowi memilih berkantor di IKN selama dua hari.

Selanjutnya menjelang perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2024, Jokowi juga berkantor di IKN.

Belakangan, rencana Jokowi berkantor di IKN diungkit kembali oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Penjabat Kepala Otorita IKN itu mengungkapkan bahwa Jokowi kemungkinan pindah ke IKN pada September 2024 ini. Basuki menyebut kepala negara akan bekerja dari IKN setelah bandara di sana rampung.

Progres konstruksi runway bandara IKN yang baru terbangun 1.100 meter dari target sementara 2.200 meter.

“Kalau tidak ada hujan, konstruksi runway sepanjang 2.200 meter tersebut diharapkan dapat selesai pada tanggal 2 September. Jadi kami hitung terus,” kata Basuki, Jumat, 23 Agustus 2024.

Rencana Jokowi berkantor di IKN pada berbarengan dengan agenda pemindahan ribuan Aparatur Sipil Negara (ASN).

Namun, Menteri Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas memastikan penundaan pemindahan ASN ke IKN pada September ini.

Editor : Bastian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jakarta Olahraga

Atlet Judo Polri Raih Emas dan Perak di PON XXI Aceh Sumut

JAKARTA, EDELWEISNEWS.COM – Pesta Pekan Olah Nasional (PON) XXI yang helat di Banda Aceh dan Sumatera Utara (Sumut). Atlet judo Polri Bripda M. Alfiansyah Lubis berhasil merebut medali emas di kategori beregu campuran, Sabtu (14/09/24) di Gelanggang Universitas Syah Kuala, Banda Aceh. Ini merupakan medali kedua personel Bagbinjas Rowatpers SSDM Polri yang mewakili Daerah Khusus […]

Read more
Nasional Opini

Utang Jokowi Jadi Bom Waktu di Pemerintahan Prabowo

JAKARTA, EDELWEISNEWS.COM- Di penghujung masa jabatan Joko Widodo (20 Oktober 2024) satu isu besar yang tidak bisa diabaikan adalah peningkatan utang negara yang mencapai angka fantastis. Laporan per Agustus 2024 menunjukkan bahwa utang pemerintah Indonesia mencapai Rp8.502 triliun, sementara Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) untuk tahun 2023 mencatat total utang sudah menembus Rp9.600 triliun. Selisih […]

Read more
Jakarta Makassar SULSEL

Wali Kota Makassar Terima Penghargaan dari Kompas TV sebagai Kota Terbaik Dalam Pelayanan dan Keterbukaan Informasi Publik

JAKARTA, EDELWEISNEWS.COM – Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto kembali menerima penghargaan dari Kompas TV dengan kategori Kota Makassar yang memiliki Pelayanan dan Keterbukaan Informasi Publik terbaik. Apresiasi itu diterima secara langsung oleh Danny Pomanto, sapaan akrab Ramdhan Pomanto, yang diberikan oleh Menpan RB Azwar Anas saat menghadiri acara Malam Puncak HUT Kompas TV ke-13 […]

Read more