Serius Tangani Inflasi, BI Beri Apresiasi Kepada Kodam XIV/Hsn Sebagai Stakeholder Daerah Mitra Strategis Pengendalian Inflasi Terbaik Provinsi Sulsel

0
32

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Komitmen dan kerja keras dalam menekan Inflasi di wilayah teritorialnya, Kodam XIV/Hasanuddin menerima penghargaan dari Bank Indonesia (BI) sebagai Stakeholder Daerah Mitra Strategis Pengendalian Inflasi Terbaik Provinsi Sulsel Tahun 2023.

Sertifikat penghargaan apresiasi dari BI tersebut diterima pada Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2023, dengan tema “Sinergi Memperkuat Ketahanan dan Kebangkitan Ekonomi Nasional”, di Phinisi Ballroom, Hotel Claro Makassar dan terpusat dari Gedung Bank Indonesia, Jakarta Pusat. Acara dibuka langsung Presiden RI Ir. Joko Widodo dan diikuti seluruh kantor Perwakilan BI di Indonesia secara virtual, Rabu (29/11/2023).

Hal ini tak lepas dari rasa tanggungjawab Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Dr. Totok Imam Santoso, S.I.P., S.Sos., M.Tr (Han), yang dikenal memiliki jiwa sosial tinggi, yang senantiasa mengerahkan seluruh personelnya untuk membantu dan mendukung program-program yang menjadi fokus utama baik itu dari pusat maupun pemerintah daerah, dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada Kodam XIV/Hasanuddin dibawah kepemimpinan Mayjen Totok yang telah berhasil melakukan berbagai inovasi dalam pengendalian Inflasi khususnya di wilayah Sulsel.

Berbagai inovasi dan gebrakan dilakukan oleh orang nomor satu di Kodam XIV/Hasanuddin ini yakni dengan senantiasa bersinergi dan mengajak unsur pemerintahan dan berbagai stakeholder secara bersama-sama menghadapi masalah ini, sehingga dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas.

Adapun program yang telah dilakukan Jenderal bintang dua lulusan terbaik Seskoad tahun 2002 ini dalam menghadapi isu Inflasi, diantaranya turut serta dalam peningkatan produksi dan penguatan ketahanan pangan, pemanfaatan lahan kosong melalui pembangunan food estate, budidaya ikan sistem bioflok, pemanfaatan polybag holtikultura dan berperan aktif dalam melaksanakan operasi pasar bersama unsur Forkopimda. Selain itu juga menjadi bagian dari Kick-Off Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) 2023, melalui pencanangan GNPIP Sulsel “A’bulo Sibatang”.

Aplaus diberikan oleh Kepala Kantor Perwakilan BI Sulsel, Causa Iman Karana kepada Kodam Hasanuddin atas kinerja dan partisipasi sangat aktif dalam upaya membantu mengendalikan Inflasi, yang diimplementasikan dengan berbagai program inovasinya.

“Kami sangat berterima kasih kepada jajaran Kodam Hasanuddin dalam upaya pengendalian Inflasi. Apresiasi ini sebagai penghargaan kami kepada Kodam Hasanuddin di bawah Komando Mayjen Totok, Kodam memberikan dukungan yang sangat besar melalui kegiatan membangun ketahanan pangan sebagai upaya pengendalian Inflasi di Sulsel, Sulbar dan Sultra. Beberapa kerjasama yang telah dilakukan bersama BI di wilayah tersebut adalah penanaman cabe, jagung serta budidaya ikan lele dan nila dengan metode bioflok. Bahkan Pangdam dan jajaran pejabat utama (PJU) Kodam juga senantiasa turun ke lapangan untuk ketahanan pangan ini,” jelasnya.

Pada kesempatan ini pula, Presiden RI menyampaikan arahan tentang sinergi semua stakeholder (formal dan informal) di tingkat Pusat dan Daerah guna menjaga pertumbuhan ekonomi di atas 5%, meningkatkan realisasi belanja (Pemda 64% dan Pusat 74%) serta menjaga Inflasi (2,6% per November 2023) di tengah situasi dinamika global maupun menghadapi Pemilu 2024.

Sumber : Pendam XIV Hsn

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini