Tahun 2024 Perpustakaan Keliling akan Dilengkapi Wifi Internet Mobile

0
60

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM -.Kabar baik untuk masyarakat di Kota Makassar, karena tahun 2024 ini Dinas Perpustakaan Kota Makassar akan mulai melengkapi 3 unit mobil layanan Perpustakaan Keliling dengan Wifi Internet Mobile. Pembaca nantinya tidak hanya membaca buku fisik atau mendengarkan dongeng, tetapi bisa juga mengakses internet dan membaca buku digital atau mengakses dongeng online DONGKELOR di Mobil Perpustakaan Keliling secara gratis.

Penambahan fasilitas ini atas kerjasama dan dukungan dari PT. Telkomsel. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Perpustakaan Kota Makassar, Andi Patiware yang didampingi Pustakawan, Tulus Wulan Juni usai melakukan pertemuan dengan Manager Mobile GTM Operation Regional Sulawesi, Agung Paty Lupinto dan Manager Digital Lifestyle Sales Support Telkomsel Area Pamasuka, Magdalena Irawati Ovi di Anomali Coffee Makassar.

Selain penambahan fasilitas internet di Mobil Perpustakaan Keliling, Telkomsel juga akan melanjutkan penambahan unit Gade-Gade Pustaka: Mini Pustaka Mart (MPM). Satu unit MPM telah diberikan di tahun 2022 di lorong Wisata (Longwis) Indianapolis Assamaturu, Jalan Baji Ati, Kelurahan Baji Mappakasunggu Kecamatan Mamajang dan menjadi inovasi terbaik di Kota Makassar Tahun 2022. MPM adalah inovasi yang menggabungkan perpustakaan mini dan warung jajanan serta mini counter pulsa. Unit selanjutkan rencana akan ditempatkan di ruang publik (public space) seperti di Pantai Losari.

Agung Paty Lupinto atau yang disapa Ito akan berupaya mensupport program perpustakaan. Menurutnya misi perpustakaan sungguh mulia yakni mencerdaskan kehidupan bangsa dan misi itu sama dengan Telkomsel.

“Telkomsel tidak hanya berfokus di sellering/ penjualan saja, tetapi juga melakukan edukasi agar masyarakat semakin cerdas, mudah mengakses informasi dan ilmu pengetahuan serta mendorong tumbuhnya kegemaran membaca. Kolaborasi dengan perpustakaan akan mempercepat akselerasi dan berkesinambungannya program literasi di Kota Makassar,” ungkap Ito.

Hal yang sama disampaikan oleh Magdalena Irawati Ovi yang panggilan akrabnya Ovi. Telkomsel selalu berupaya mendukung kegiatan perpustakaan, khususnya yang mengusung konsep digital. Apalagi Telkomsel memiliki kartu internet serba digital yakni by.U yang menggantikan kartu simPATI, KARTU As, dan LOOP. Layanan digital selaras dengan semangat layanan Perpustakaan saat ini. Olehnya itu, Telkomsel akan memetakan program kerjasama dengan Dinas Perpustakaan Kota Makassar sebagai tindak lanjut dari pertemuan bersama.

“Ada 3 rencana kolaborasi yang akan dijalin antara Dinas Perpustakaan dan Telkomsel, yakni layanan internet di Perpustakaan Keliling, melanjutkan penambahan Unit Gade-Gade Pustaka,.Mini Pustaka Mart (MPM) untuk mendekatkan layanan perpustakaan dan layanan Telkomsel dan pemberdayaan tenaga perpustakaan di Perpustakaan Sekolah dalam peningkatan layanan perpustakaan,” terang Ovi yang juga telah menulis 2 judul buku, Lekang dan Segitiga tak Bertitik Temu.

Kepala Dinas Perpustakaan Kota Makassar sangat mengapresiasi, dan mengucapkan terima kasih atas respon dan dukungan Telkomsel sebagai upaya ikut mencerdaskan kehidupan masyarakat di era digital, khususnya di Kota Makassar. Apalagi Tingkat Gemar Membaca (TGM) Kota Makassar berdasarkan laporan Kajian Kegemaran Membaca Masyarakat Indonesia – Perpustakaan Nasional RI Tahun 2023 melaju pesat dan menduduki peringkat 4 Nasional dari seluruh Kabupaten/ Kota di Indonesia yang disurvey. (TWJ)

Editor : Jesi Heny

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini