Target Adiwiyata Mandiri, SD Negeri Borong Bersihkan Sampah di Pantai Sampulungang

0
45

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – SD Negeri Borong, tahun 2024 ini, menargetkan meraih Adiwiyata Mandiri. Sekolah yang berada di Kecamatan Manggala, Kota Makassar itu, bahkan telah melakukan beberapa kegiatan untuk mewujudkan tekadnya tersebut.

Antara lain, pembagian tugas agar kegiatan dilakukan secara partisipatif dan kolaboratif. Pembagian tugas ini terdistribusi kepada semua guru, tenaga kependidikan, pustakawan, dan laskar pelangi di SD Negeri Borong.

“Salah satu kegiatan yang dilakukan, yakni membangun kesadaran publik untuk bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan,” kata Ketua Tim Adiwiyata SD Negeri Borong, Rosmiaty, S.Pd.I, di sekolahnya, Jalan Borong Raya No 8 Makassar, Kamis (25 Januari 2024).

Menurut Rosmiaty, perilaku hidup bersih dan berbudaya lingkungan hidup ini bukan hanya diterapkan di sekolah tapi juga di masyarakat. Apalagi jika kawasan itu merupakan destinasi wisata. Itulah alasan SD Negeri Borong mengadakan kerja bakti membersihkan sampah di Pantai Sampulungang, Galesong Utara, Kabupaten Takalar (14 Januari 2024).

Kerja bakti bersih-bersih pantai ini dipimpin langsung Kepala UPT SPF SD Negeri Borong, Dra Hj Hendriati Sabir, M.Pd. Kepala sekolah, guru, dan murid terlibat bersama-sama memungut sampah dengan menyisir pesisir pantai. Sampah plastik, kaleng, dan potongan-potongan kayu diambil lalu dimasukkan ke dalam kantong sampah.

Sebelumnya, SD Negeri Borong, bersama sejumlah SD di Kecamatan Manggala, juga sudah mendapat materi sekaligus motivasi dari Erit Trianto, S.Pd, guru SD Inpres Perumnas Antang 3. Erit berbagi pengalaman tentang bagaimana melakukan persiapan menuju Adiwiyata Provinsi, Adiwiyata Nasional dan Adiwiyata Mandiri, pada 12 Januari 2024.

Untuk membangun kesadaran ramah lingkungan ini, lanjut Rosmiaty, dia telah membuat yel-yel yang dilakukan di kelas atau saat kegiatan. Diantaranya, yel-yel penyemangat untuk mengurangi sampah plastik di sekolah SDN Borong. Yel-yel yang dibuat sejak tahun 2019 itu berbunyi, “Mari mengurangi sampah plastik dengan menggunakan tumbler.” (*)

Editor : Jesi Heny

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini