Tingkat Kegemaran Membaca Masyarakat Kota Makassar Semakin Meningkat

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM -.Tingkat Gemar Membaca (TGM) Kota Makassar menurut laporan surveyor mitra Perpustakaan Nasional RI menyebutkan, bahwa hasil dari Kajian Kegemaran Membaca Masyarakat Indonesia Tahun 2023 melaju pesat dan menduduki peringkat 4 dari seluruh Kabupaten/ Kota di Indonesia.

“Selamat ya, TGM Makassar naik dan berada diurutan ke 4,” ungkap Mustafa salah satu anggota tim Surveyor Mitra Perpusnas saat bertemu dengan Pustakawan Dinas Perpustakaan Kota Makassar, Tulus Wulan Juni pada kegiatan Akreditasi Perpustakaan Sekolah di Kota Makassar, Jum’at (17/11/2023).

Kota Makassar tahun ini kembali masuk 10 besar Tingkat Gemar Membaca (TGM) dengan nilai 74,14 atau diurutan ke 4 setelah Kota Yogyakarta, Kabupaten Sleman dan Kota Samarinda.

Kota Makassar tahun ini mengungguli Kota Surabaya, Bandung dan Semarang. Tahun sebelumnya atau di Tahun 2022, Kota Makassar berada di urutan 10 dengan nilai 70,15. Kota Makassar masuk scor TGM dengan kategori tinggi.

Berikut sepuluh daerah dengan TGM scor tertinggi tahun 2023.:

  1. Kota Yogyakarta (78,07)
  2. Kabupaten Sleman (74,50)
  3. Kota Samarinda (74,44)
  4. Kota Makassar (74,14)
  5. Kota Surabaya (73,90)
  6. Kota Bandung (73,63)
  7. Kota Semarang (73,63)
  8. Kota Padang (72,34)
  9. Kota Jambi (72,23)
  10. Kota Jakarta Pusat (71,78)

Capain nilai Kota Makassar masih tertinggi dibandingkan rata-rata Nasional yakni 66,77 dan juga di Sulawesi Selatan yang tahun ini informasi dari Tim Survey turun peringkat. Skala Nilai TGM yang digunakan yakni sangat rendah dinilai 0 – 20, Rendah dinilai 20,1 – 40, Sedang dinilai 40,1 – 60, Tinggi dinilai 60,1 – 80 dan Sangat Tinggi dinilai 80,1 – 100.

Perhitungan Tingkat Kegemaran Membaca (TGM) didasari dari 5 aspek yakni (1) Tingkat Frekuensi Membaca (TFM) per minggu, (2) Tingkat Durasi Membaca (TDM) atau lama waktu membaca per hari, (3) Tingkat Jumlah Buku (TJB) atau jumlah buku yang diselesaikan di baca dalam 3 bulan, (4) Frekuensi Akses Internet (FAI) untuk bahan bacaan dan (5) Durasi Akses Internet (DAI) untuk bahan bacaan.

“Kota Makassar patut berbangga karena menjadi salah satu daerah di luar Jawa yang masuk 10 besar score tertinggi Tingkat Kegemaran Membaca. Ini perlu terus dipertahankan dan ditingkatkan. Ada lima aspek indikator TGM yang terus menjadi perhatian kami dan menjadi referensi untuk perencanaan program dan kegiatan Dinas Perpustakaan kedepannya,” harap Tulus. (TWJ)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Makassar SULSEL

Disbud Persembahkan Tari Bunga Buttayya, Kisahkan Perempuan dan Makassar di F8

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Dinas Kebudayaan Kota Makassar kembali memeriahkan event Makassar International Eight Festival & Forum atau F8 di Panggung Utama F8, Kawasan Tugu MNEK, CPI, Jumat (26 Juli 2024). Disbud Makassar menampilkan Tari Bunga Butayya yang menggambarkan karakter perempuan dan Makassar. Yang mana dua kata tersebut memiliki entitas yang tak bisa dipisahkan. Sosok perempuan […]

Read more
Makassar SULSEL Wajo

LSKP Bekerja sama Dinkes Kabupaten Wajo Gelar Bimtek Evaluasi Standar Pelayanan Minimal

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Lembaga Studi Kebijakan Publik (LSKP) mengadakan Bimbingan Teknis Evaluasi Standar Pelayanan Minimal (SPM) Dinas Kesehatan Kabupaten Wajo Tahun Anggaran 2024 di Hotel M Regency Makassar dari tanggal 25 hingga 26 Juli 2024. Dr. drg. Hj. Armin, M. Kes, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Wajo mengatakan, Bimtek ini untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan dan […]

Read more
Lingkungan Makassar SULSEL

Rencana Dihadiri Joko Widodo, Gerakan Nasional Bulan Cinta Laut Dipusatkan di Kota Makassar

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Perhelatan akbar Gerakan Nasional Bulan Cinta Laut (BCL) akan dipusatkan di Kota Makassar pada Agustus 2024 mendatang. Kegiatan ini rencananya akan dihadiri langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo beserta jajaran Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Gerakan ini merupakan bagian dari komitmen pemerintah dalam mengurangi sampah di laut dan pesisir. Hal tersebut disambut […]

Read more