Wabup Berharap Hasil Evaluasi Implementasi SAKIP Pemda Poso Naik ke Predikat BB

POSO,EDELWEISNEWS.COM – Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) merupakan sistem yang terintegritasi dari sistem perencanaan, penganggaran dan pelaporan kinerja yang selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan. Dimana setiap organisasi diwajibkan mencatat dan melaporkan setiap penggunaan keuangan negara serta kesesuaian dengan ketentuan yang berlaku.

Penyelenggaraan SAKIP adalah amanah dari Perpres RI No 29 tahun 2014 yang bertujuan mendorong instansi pemerintah untuk dapat menyelenggarkan tugas umum pemerintahan pembangunan secara baik dan benar (good governance) berdasarkan peraturan perundang – undangan.

Berkaitan dengan itu, Pemerintah Daerah Kabupaten Poso melalui bagian organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Poso menyelenggarakan pra evaluasi dan pembimbingan penyusunan SAKIP di lingkungan Pemda Poso (20/6/2019).

Kegiatan yang berlangsung di Meeting Room Bapelitbangda tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si. Kegiatan diikuti pimpinan OPD, kepala bagian, kasubag perencanaan program dan operator yang menangani SAKIP.
Kegiatan bertujuan untuk menjadikan instansi pemerintah yang akuntabel, sehingga dapat beroperasi secara efisien, efektif dan responsif terhadap masyarakat dan lingkungan.

Pemateri berasal dari Kemenpan RB, Hatni SE, Kepala Bidang Penyiapan Perumusan Kebijakan Reformasi Birokrasi Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI.

Wabup Samsuri sebelum membuka kegiatan mengingatkan kepada peserta akan keberhasilan penyelenggaraan SAKIP, yang tidak terlepas dari komitmen seluruh aparat unit kerja.

“Tidak hanya pemangku kepentingan dan pejabat di lingkup Pemkab Poso saja, karena SAKIP menyangkut keberhasilan, tujuan dan sasaran organisasi yang ingin dicapai,” terang Wabup.

Ia juga mengatakan bahwa usaha yang dilakukan pemda dalam pelaksanaan implementasi SAKIP yakni membangun system pengukuran kinerja, melakukan evaluasi atas penerapan SAKIP serta memformalkan perjanjian kinerja sebagai kontrak kinerja.

Nilai hasil evaluasi implementasi SAKIP Pemda Poso tahun 2018 adalah 53.01 atau mendapatkan predikat penilaian CC yang interprestasinya masuk dalam kategori “cakup”, terjadi peningkatan apabila dibanding dengan tahun 2017. Namun, hal ini belum menunjukan hasil yang menggembirakan

“Sehingga dengan adanya kegiatan ini saya berharap adanya upaya yang benar – benar maksimal, baik oleh para pelaksana dan penanggung jawab SAKIP serta para evaluator dari inspektorat. Mari bersama – sama melaksanakan koordinasi serta kerjasama yang baik, agar capaian kinerja SAKIP Pemkab Poso mendapat predikat BB,” harap Samsuri.

Penulis : Dedi Podungge

Editor. : Jesi Heny

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Palu Sulawesi Tengah

Ketua DPD PDIP Sulteng Bantah Isu Intel Ikut Rapat Internal di Palu

PALU, EDELWEISNEWS.COM – DPD PDIP Sulawesi Tengah membantah kabar adanya pihak intelijen dari kepolisian yang mengikuti agenda rapat internal di Palu, beberapa waktu lalu. Ketua DPD PDIP Sulawesi Tengah Muharram Nurdin membenarkan pihaknya memang sempat mengadakan kegiatan Rakerda internal di wilayah Palu. Hanya saja, ia memastikan tidak ada satupun pihak luar yang disebut mengikuti agenda […]

Read more
Poso Sulawesi Tengah

Bupati Poso Menjadi Inspektur Upacara Peringatan HUT TNI kšž-šŸ•šŸ• di Markas Batalyon 714 Sintuwu Maroso

POSO, EDELWEISNEWS.COM – Bupati Poso selaku Pimpinan Daerah Kabupaten Poso menjadi Inspektur Upacara pada peringatan HUT Tentara Nasional Indonesia ke-77 pada hari Rabu (5 Oktober 2022) di Markas Batalyon Infanteri 714 Sintuwu Maroso Kab. Poso. Tema HUT TNI tahun ini yakni ” TNI Adalah Kita”. Upacara berlangsung dengan khidmat yang diikuti seluruh peserta dari pasukan […]

Read more
Poso Sulawesi Tengah

Bupati Poso : Sinergitas Program Pembangunan Pemerintah Pusat dan Daerah Menjadi Prioritas Pemkab Poso

JAKARTA, EDELWEISNEWS.COM – Untuk mewujudkan pembangunan daerah yang berkelanjutan dan tepat sasaran, harus ada sinergitas program pembangunan antara Pemerintah Pusat dan Daerah. Hal tersebut diungkapkan Bupati Poso dr. Verna G.M Inkiriwang saat melakukan kunjungan kerja pada Kementerian Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia di Jakarta, Senin (23 Mei 2022). Kunjungan kerja Bupati […]

Read more