1 Juta 10 Ribu Benih Ikan Ditebar di Danau Tempe, Program Ketahanan Pangan Pj Gubernur Sulsel

WAJO, EDELWEISNEWS.COM – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan berencana untuk menyebar sebanyak 100 juta bibit ikan nila. Termasuk di Danau Tempe yang terletak di Kabupaten Wajo. Langkah ini bertujuan untuk meningkatkan produksi ikan nila dan mendukung keberlanjutan sektor perikanan di daerah tersebut.

Sebanyak 1 juta 10 ribu ikan nila dan ikan mas ditebar di Kelurahan Salomenraleng, Kecamatan Tempe oleh Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, Bupati Wajo Amran Mahmud, dan nelayan.

“Saya memberikan perhatian serius ke perikanan. Masyarakat Wajo kehidupannya dikelilingi oleh danau atau tappareng,” kata Bahtiar, usai menyebar bibit ikan di Danau Tempe, Jumat (9 Februari 2024).

Upaya ini, karena melihat jumlah ikan di bendungan dan danau semakin berkurang.

“Saya tahu ikannya makin hari makin berkurang, karena banyak faktor yang mempengaruhi,” sebutnya.

Bantuan benih ini dukungan Dinas Kelautan dan Perikanan Sulsel, Balai Benih Ikan di Soppeng, Sidrap, Takalar dan kementerian.

“Jadi semua ini bersatu dari kementerian, provinsi dan kabupaten/kota di Sulsel, kami mau membagi bibit nila tahun ini di Sulsel 100 juta. Saya serius agar ada dampaknya kepada masyarakat,” ujarnya.

“Insya Allah enam bulan ke depan, saya kasiki satu juta, jadi mohon dijaga ini sehingga berkembang,” imbuhnya.

Selain bantuan benih, program pemerintah diantaranya pembuatan rumpon dan terumbu karang buatan.

Kepala Dinas Perikanan Wajo, Andi Ismirar Sentosa, mengatakan, program ini sangat membantu nelayan.

“Ini adalah program Pj Gubernur, ini sangat membantu nelayan kita di Danau Tempe. Ini sangat luar biasa,” tandasnya. 

Usai menebar benih secara simbolis, Pj Gubernur Sulsel juga memberikan bantuan bibit ikan nila kepada ratusan nelayan yang berasal dari Wajo, Soppeng dan Sidrap. Para nelayan ini yang selama ini mencari ikan di Danau Tempe yang mengitari tiga kabupaten tersebut, dan akan menyebarkan ikan di sepanjang Danau Tempe. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LEGISLATIF SULSEL Wajo

Tiga Ranperda Ditetapkan Pemda Wajo dan DPRD Lewat Rapat Paripurna

WAJO, EDELWEISNEWS.COM – Pemerintah Kabupaten Wajo dan DPRD menandatangani persetujuan kesepakatan bersama penetapan 3 Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) melalui Rapat Paripurna DPRD Wajo, Jumat (19/7/2024). Tiga Ranperda yang ditetapkan yakni, Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2023, Perubahan atas Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2020 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah dan Perubahan atas […]

Read more
Makassar SULSEL Wajo

Pemda Wajo dan Pemda Takalar Teken MoU Kerja Sama Mendukung Penanganan Dampak Inflasi Daerah

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Pemerintah Kabupaten Wajo dan Pemerintah Kabupaten Takalar melakukan kerjasama dengan menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) untuk mendukung Penanganan Dampak Inflasi Daerah. Penandatanganan MoU itu dilakukan dalam bentuk kerja sama Perdagangan Komoditas Unggulan antar Daerah yang dilakukan di Aula Bappelitbangda Provinsi Sulawesi Selatan, Makassar, Rabu (17/7/2024). Proses pelaksanaan penandatanganan MoU dilakukan langsung Pj. […]

Read more
Makassar SULSEL

Lampaui Target, Total Investasi di Kota Makassar Capai Rp 5,89 T

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) mencatat realisasi Investasi Kota Makassar mencapai Rp 5,89 Triliun pada periode Januari-Desember 2023. Hal itu diungkapkan Pj Sekda Makassar, Firman Hamid Pagarra pada kegiatan Focus Grup Discusion (FGD) terkait kebijakan pengelolaan investasi bersama Dewan Investasi dan OPD terkait. “Realisasi investasi kita di sepanjang […]

Read more