Basarnas Bina Komunitas Pengendara Adventure Sulsel Teknik Pertolongan Pertama

0
80

GOWA, EDELWEISNEWS.COM – Upaya untuk memasyarakatkan SAR terus digalakan Basarnas, dengan menyasar komunitas-komunitas yang aktif di masyarakat. Kali ini komunitas pengendara adventure yang ada di Sulsel mendapat pembinaan teknik pertolongan pertama yang berlangsung di Malino, Gowa, Sulsel. Kegiatan itu dibuka pada Senin (4/12/2023) pagi.

Suhardi mewakili Direktur Bina Potensi Basarnas saat membuka kegiatan menyampaikan, bahwa kegiatan ini dilakukan sebagai upaya memberikan pengetahuan kepada komunitas yang aktif di masyarakat tentang upaya pemberian bantuan darurat apabila terjadi di sekitar kita.

“Workshop ini tentunya kami harapkan mampu memberikan pengetahuan tambahan kepada kita semua, tentang hal apa yang perlu dilakukan ketika mendapati kondisi darurat di sekitar kita,” terang Suhardi.

Suhardi melanjutkan, kegiatan Pembinaan SAR Community ini dilaksanakan di beberapa kota di Indonesia. Basarnas Makassar mendapat kesempatan melaksanakan bersama Komunitas Pengendara Adventure dengan mengundang 3 organisasi, antara lain Suzuki Katana Jimmy Indonesia (SKIn), Indonesia Off Road Federation (IOF), dan Daihatsu Taruna Club (DTC).

Sebanyak 75 peserta dari organisasi mobil ini selama 2 hari akan mendapat materi pertolongan pertama.

“Utamanya aktifitas teman-teman kita yang sering di jalanan, perlu memahami teknik-teknik pertolongan pertama pada korban kecelakaan. Sehingga bisa memberi bantuan dan mengurangi risiko fatal saat membantu korban,” imbuhnya.

Adapun materi yang akan didapatkan peserta selama kegiatan, yakni menilai kondisi korban kecelakaan, cara pemindahan darurat korban yang benar, retusitasi jantung paru, dan cara menstabilkan korban sebelum ditangani lebih lanjut oleh tenaga medis.

“Semoga setelah kegiatan ini, Basarnas mendapat tambahan Potensi SAR yang memiliki keterampilan dalam memberi pertolongan pertama saat kondisi darurat maupun kecelakaan di jalan,” harap Suhardi. (Ril)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini