Dinas Ketahanan Pangan Makassar Pantau Keamanan Pangan Menggunakan Rapid Test Kit

MAKASSAR,EDELWEISNEWS.COM  – Pemerintah Kota Makassar melalui Bidang Keamanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan Kota Makassar memimpin tim operasional terpadu melaksanakan pemantauan keamanan pangan di pasar tradisional dan pasar modern di wilayah Kota Makassar, Selasa (26/3).

Tim terpadu yang terdiri dari Dinas kesehatan, Dinas Perikanan dan Pertanian, Dinas Perdagangan, Pol PP dan BPOM, terjun langsung melakukan pemantauan terhadap keamanan pangan di pasar tradisional maupun pasar modern di Kota Makassar.

Beberapa jenis pangan segar menjadi pantauan tim terpadu ini, sepeti sayuran, buah- buahan, ikan, daging segar dan lain lain. Tim terpadu mengambil beberapa sampel ikan untuk ditest di tempat, yaitu dengan menggunakan metode Rapid Test Kit atau metode uji cepat, agar dapat diketahui kadar kandungan bahan bahan berbahaya seperti boraks ataupun formalin.

Menurut Kepala Seksi Keamanan Pangan Hajariah,S.Pi, M.Si. yang juga selaku Ketua Tim Terpadu, bahwa kegiatan operasional tim terpadu ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap bulan dengan melibatkan beberapa instansi terkait yang masuk dalam tim terpadu.

“Tujuannya adalah kita ingin memastikan pangan yang ada di pasar tradisional dan modern aman dikonsumsi oleh masyarakat dan bebas dari kandungan bahan berbahaya seperti boraks, formalin dan pestisida. Apalagi memasuki bulan Ramadhan,” terangnya.

Lanjut Hajariah, hasil uji sampel dilakukan dengan metode Rapid Test Kit, baik di pasar sentral maupun yang di Hero tidak ditemukan adanya kandungan boraks, formalin, pestisida pada sayuran, buah, ikan dan makanan yang dijadikan sampel test.

“Semua yang kita test dengan metode rapid test kit yang dilakukan ditempat, menunjukkan hasil yang negatif, artinya aman untuk di komsumsi,” pungkas Hajariah. (hum)

Editor : Jesi Heny

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Makassar

Kantor Pencarian dan Pertolongan Makassar Kunjungi Mapolda Sulsel

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Makassar Muhammad Arif Anwar melakukan kunjungan ke Mapolda Sulsel pada Selasa (16/7/2024). Pada kunjungannya, Arif Anwar beserta jajarannya diterima langsung oleh Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulsel di Gedung Mapolda Sulsel. Kapolda Sulsel Irjen Pol Andi Rian R Djajadi menerima rombongan dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Makassar menyambut […]

Read more
Makassar

Pangdam XIV/Hsn Menghadiri Acara Kenal Pamit Wakapolda Sulsel

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Panglima Kodam (Pangdam) XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun, S.I.P., bersama Forkopimda Sulsel, menghadiri acara kenal pamit Wakapolda Sulawesi Selatan. Acara yang diselenggarakan untuk menyambut Brigjen Pol. Nasri, S.I.K., M.H., Wakil Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan yang baru, serta melepas Irjen Pol CH. Patoppoi, S.St., M.K., S.H., yang telah menjabat sebelumnya. Acara […]

Read more
Makassar

Kabintaljarahdam XIV/Hsn Mewakili Pangdam Hadiri Peringatan Haul Akbar Wali-Wali Allah

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Kepala Pembinaan Mental dan Sejarah Kodam (Kabintaljarahdam) XIV/Hasanuddin Kolonel Cba Arwan Asrib, S.E., mewakili Pangdam, menghadiri Peringatan Haul Akbar Wali-Wali Allah yang diselenggarakan di Masjid Al-Umar/Ponpes Al-Mubarak, Kompleks Universitas Hasanuddin (UNHAS) Baraya, Kota Makassar. Senin, (15/07/2024). Acara yang digelar dengan khidmat ini dihadiri oleh berbagai lapisan masyarakat yang berkumpul untuk mengenang dan […]

Read more