Dinas PU Makassar Gelar Workshop, Ini yang Dibahas

MAKASSAR,EDELWEISNEWS.COM– Workshop pengelolaan dan pemeliharaan sarana dan prasarana sanitasi dilaksanakan selama 3 hari sejak 18 hingga 20 Juni 2019 di Hotel Grand Asia oleh Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar.

Permasalahan sanitasi masih menjadi masalah serius di kota- kota besar, demikian juga Kota Makassar. Pasalnya, masih ada 1,3% masyarakat yang membuang air besar sembarangan, 70% savetytank belum memenuhi persyaratan dasar dan 0,5% masih membuang limbah dan tinja pada saluran drainase lingkungan dan kenal.

Workshop diikuti 200 peserta dari 64 KPP, setiap KPP diwakili oleh 3 orang. “Metode yang digunakan dalam workshop meliputi ceramah, tanya jawab, diskusi, dan kunjungan lapangan,” ungkap ketua panitia saat membaca laporannya.

Ansuardi, ST, M.Si selaku Kepala Bidang Prasarana dan Bangunan Pemerintah dalam sambutannya mengatakan, sebaiknya kegiatan seperti ini langsung diselenggarakan oleh masyarakat karena IPAL lebih dekat dengan masyarakat.

“Konsep pembangunan sanitasi komunal ini diharapkan mampu menimbulkan rasa memiliki, sehingga masyarakat dapat menjaga dan memiliki fasilitas yang terbangun,” kata Ansuardi.

Kenyataannya, lanjut Ansuardi, program hanya mampu menyajikan pembangunan fisik, sementara pembangunan sumber daya manusia (pola pikir) belum tersentuh sepenuhnya pada tingkat lokal.

“Maka beberapa konsep sebaiknya ditata ulang, agar dapat menyentuh pola pikir masyarakat, jika ini tersentuh maka hasil -hasil pembangunan akan dapat terjaga,” pungkasnya.

Penulis : M. Hasim
Editor. : Jesi Heny

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Makassar SULSEL

Danny Pomanto Persiapkan Kenaikan Dana Hibah PMI dan Gelar Lorong Donor

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto mengatakan akan mempersiapkan kenaikan Dana Hibah untuk PMI Kota Makassar. “Yang jelas Dana Hibah untuk PMI Kota Makassar harus naik. Apalagi pernah mencapai Rp4 miliar,” kata Danny Pomanto, sapaan akrab Ramdhan Pomanto saat diwawancarai usai meresmikan Musyawarah Kota (Muskot) PMI Makassar di Jl Andi Djemma, Kamis […]

Read more
Makassar SULSEL

Danny Pomanto Hadiri Pelantikan dan Pengambilan Sumpah 209 Bintara Polri

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto menghadiri dan meramaikan Upacara Penutupan, Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Pendidikan Pembentukan Bintara Polri Gelombang I 2024 SPN Polda Sulsel. Upacara berlangsung di Lapangan Upacara SPN Polda Sulsel, Jl Urip Sumoharjo, Kamis (11 Juli 2024). Danny Pomanto hadir di SPN Polda Sulsel sekira pukul 07.55 Wita dan […]

Read more
Makassar SULSEL

Ketua TP PKK Kota Makassar Dorong Penguatan Peran Remaja dalam Pengelolaan Masjid di Makassar

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Kota Makassar mengambil langkah konkret dalam pemberdayaan masjid melalui pelatihan intensif untuk remaja masjid. Bertempat di Makassar Golden Hotel, kegiatan ini diikuti oleh 200 peserta setiap harinya, dengan tujuan memperkuat peran remaja dalam memakmurkan dan mengelola masjid di wilayah mereka masing-masing. Ketua TP PKK Kota Makassar […]

Read more