Gramedia dan Kompas Grup Adakan Workshop Literasi Digital Era 4.0

MAKASSAR,EDELWEISNEWS.COM – Gramedia Digital Nusantara kelompok Kompas Group menyelenggarakan Workshop Literasi Digital Era 4.0 Perspektif dengan tajuk Tantangan dan Solusi di Amaris Hotel Makassar, Senin (29/04).

Workshop yang menghadirkan narasumber Quraisy Mathar, Kepala Perpustakaan UIN Alauddin dan P. Sarjito, Vice President of Busines and Relation PT. Gramedia Digital Nusantara diikuti sekitar 100 tenaga perpustakaan dari berbagai jenis Perpustakaan di Kota Makassar.

“Pustakawan itu motivator bukan penjaga buku. Pustakawan harus mampu mengajak masyarakatnya ke perpustakaan. Olehnya itu, infrastruktur perpustakaan harus diperhatikan dan dibuat nyaman. Tugas Pustakawan 4.0 ada 2 yakni memastikan Perpustakaan dikunjungi (nyata/ maya) dan memastikan pengunjung untuk membaca,” ungkap narasumber Quraisy Mathar yang biasa disapa Pak Ais.

Sedangkan pembicara dari Gramedia, P. Sarjito dalam kesempatan tersebut memperkenalkan aplikasi perpustakaan online yang bernama ePerpus. Sistem tersebut diklaim lebih lengkap dibandingkan aplikasi lainnya.

“ePerpus memiliki jaringan lebih dari 700 Penerbit dengan jumlah koleksi lebih dari 24 ribu judul dengan 30 kategori buku, lebih dari 36 ribu koleksi majalah dengan 27 kategori majalah serta lebih 45 ribu item koran dengan 20 regional,” terang Sardjito.

Lanjutnya, kehadiran Perpustakaan Online akan meningkatkan literasi informasi masyarakat khususnya di era 4.0. Pustakawan dan tenaga perpustakaan dituntut agar mengikuti perkembangan teknologi informasi.

“Banyak konten yang kurang cocok saat ini dan dampaknya akan merusak pola pikir generasi yang akan datang. Perpustakaan harus hadir dengan memanfaatkan berbagai media, termasuk media online untuk menekan penyebaran konten yang negatif termasuk berita hoax,” pungkas Sarjito.

Penulis : Tulus WJ

Editor. : Jesi Heny

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Makassar SULSEL

Kesra Kota Makassar Gelar Pelatihan Manajemen untuk 1.500 Pengurus Masjid

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM.- Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Sekretariat Daerah Kota Makassar menggelar Manajemen Pengelolaan Masjid kepada 1.500 pengurus masjid di Kota Makassar. Hal ini dalam upaya meningkatkan peran masjid sebagai pusat peradaban ummat Muslim. Acara berlangsung mulai tanggal 18 hingga 25 Juli 2024 di Makassar Golden Hotel, dengan setiap peserta mewakili satu masjid di Kota Makassar. […]

Read more
Makassar SULSEL

BPBD Kota Makassar Dorong Livable dan Resilient City Melalui Peningkatan Kapasitas

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar telah mengambil serangkaian langkah strategis untuk memperkuat kapasitas Kota Makassar dalam menghadapi tantangan bencana. Hal ini sejalan dengan salah satu Program Strategis Wali Kota Moh. Ramdhan Pomanto untuk menjadikan Makassar sebagai Livable City dan Resilient City yang tangguh. Kepala Pelaksana BPBD, Achmad Hendra Hakamuddin menyatakan, […]

Read more
Makassar SULSEL

Pangdam XIV/Hsn Terima Paparan RGB Latihan Pratugas Operasi Satgas Pamtas Darat RI-Malaysia Yonzipur 8/SMG

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun, S.I.P., menerima paparan Rencana Garis Besar (RGB) Latihan Pratugas Operasi Satgas pengamanan perbatasan (Pamtas) Darat Republik Indonesia-Malaysia Yonzipur 8/Sakti Mandra Guna TA. 2024, dari Danrindam XIV/Hasanuddin Kolonel Inf Budiawan Basuki. Pemaparan tersebut guna memberikan gambaran tentang rencana pelaksanaan latihan pratugas Pamtas Darat RI-Malaysia, bertempat di […]

Read more