Guru SDN Sudirman IV Makassar Sumbang Buku untuk Rumah Baca Dolli Maros

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Kawasan Wisata Galung Dolli Bunga Ejaya, di Desa Tukamasea, Kecamatan Bantimurung, Kabupaten Maros, tak hanya dilengkapi sarana wisata yang indah dan nyaman, tapi juga edukatif. Itu kesan yang disampaikan Kepala UPT SPF SD Negeri Sudirman IV, Sarwinah, S.Pd, M.Pd, saat menyumbang sejumlah buku untuk Rumah Baca Dolli, Sabtu (24 Februari 2024).

“Saya senang berada di tempat ini karena dilengkapi fasilitas perpustakaan. Sehingga, kita bisa duduk, menunggu, sambil membaca buku,” puji Sarwinah.

Sarwinah menyumbang buku kumpulan tulisan guru-guru SD Negeri Sudirman IV, dan buku karyanya, yang diterima Ibu Rohani. Pengelola Wisata Dolli itu juga seorang pendidik. Dia mengajar di SD Inpres Bunga Ejaya. Karena itu, diakui bahwa buku-buku yang diterimanya akan jadi referensi dan motivasi bagi dirinya sebagai seorang guru.

Kawasan Wisata Galung Dolli dikembangkan dari dana desa. Peresmiannya dilakukan pada tanggal 10 Juli 2023 oleh Bupati Maros, HAS Chaidir Syam.

Di kawasan ini, pengunjung dimanjakan dengan pemandangan hijau area persawahan dan tebing tinggi, yang seolah melindungi kolam renang dan deretan gazebo di dekatnya.

Di lokasi itu, anak-anak juga mendapat penjelasan tentang tanaman, termasuk padi, yang disampaikan oleh Mursin, sekretaris pengelola Wisata Galung Dolli. Materi ini selaras dengan kegiatan Study Tour, yang dilakukan murid-murid SD Negeri Sudirman IV tersebut.

Kunjungan ke tempat wisata ini merupakan bagian dari Outing Class yang bertema, “menambah wawasan sejarah melestarikam budaya daerah serta mencintai lingkungan”.

Sebelum ke lokasi Wisata Galung Dolli, rombongan berkunjung ke Taman Prasejarah (archaeological park) Leang-Leang, di Kelurahan Leang-Leang. Selama di sini, anak-anak dipandu oleh Abdul Khalid, sebagai polisi khusus cagar budaya. Mereka mendapat penjelasan seputar Leang Pettae.

Peserta outing class dengan penuh rasa ingin tahu, diperlihatkan gambar tapak tangan yang berusia kira-kira 5000 tahun lampau. Juga kerang-kerang laut yang diperkirakan merupakan sampah dapur penghuni gua. Kepada anak-anak disampaikan bahwa kawasan ini dijaga supaya terlindung dari kerusakan dan tindakan yang tidak bertanggung jawab.

Selain Kepala Sekolah, Sarwinah, siswa juga didampingi wali kelas 5, yakni Asriani Geno, S.Pd dan Andi Aspiah, S.Pd. Ikut pula beberapa guru dan orangtua murid.

Study tour ke lokasi-lokasi wisata alam, sejarah, dan budaya ini, juga dilakukan di Fort Rotterdam. Selain itu, siswa juga diajak ke pengolahan plastik di Olimplast, Kawasan Industri Makassar, di Jalan Ir Sutami. (*)

Penulis : Rusdin Tompo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Makassar SULSEL

Kesra Kota Makassar Gelar Pelatihan Manajemen untuk 1.500 Pengurus Masjid

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM.- Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Sekretariat Daerah Kota Makassar menggelar Manajemen Pengelolaan Masjid kepada 1.500 pengurus masjid di Kota Makassar. Hal ini dalam upaya meningkatkan peran masjid sebagai pusat peradaban ummat Muslim. Acara berlangsung mulai tanggal 18 hingga 25 Juli 2024 di Makassar Golden Hotel, dengan setiap peserta mewakili satu masjid di Kota Makassar. […]

Read more
Makassar SULSEL

BPBD Kota Makassar Dorong Livable dan Resilient City Melalui Peningkatan Kapasitas

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar telah mengambil serangkaian langkah strategis untuk memperkuat kapasitas Kota Makassar dalam menghadapi tantangan bencana. Hal ini sejalan dengan salah satu Program Strategis Wali Kota Moh. Ramdhan Pomanto untuk menjadikan Makassar sebagai Livable City dan Resilient City yang tangguh. Kepala Pelaksana BPBD, Achmad Hendra Hakamuddin menyatakan, […]

Read more
Makassar SULSEL

Pangdam XIV/Hsn Terima Paparan RGB Latihan Pratugas Operasi Satgas Pamtas Darat RI-Malaysia Yonzipur 8/SMG

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun, S.I.P., menerima paparan Rencana Garis Besar (RGB) Latihan Pratugas Operasi Satgas pengamanan perbatasan (Pamtas) Darat Republik Indonesia-Malaysia Yonzipur 8/Sakti Mandra Guna TA. 2024, dari Danrindam XIV/Hasanuddin Kolonel Inf Budiawan Basuki. Pemaparan tersebut guna memberikan gambaran tentang rencana pelaksanaan latihan pratugas Pamtas Darat RI-Malaysia, bertempat di […]

Read more