Harga Tiket Pesawat Meroket, Pemudik Pilih Naik Kapal Laut atau Bus

MAKASSAR,EDELWEISNEWS.COM – Lebaran tinggal beberapa hari lagi. Otomatis akan terjadi lonjakan pemudik yang akan berlebaran di kampung halaman.

Namun, tahun ini pemudik agak berpikir untuk berlebaran bersama keluarga di kampung, pasalnya harga tiket pesawat mahalnya minta ampun.

Untuk jurusan Jakarta-Makassar, tiket termahal mencapai Rp 24 juta.

Berdasarkan penelusuran Edelweisnews.com Jumat (31/5/2019) pada agen penjualan tiket online Traveloka terlihat harga paling murah menuju Makassar dari Jakarta sebesar Rp 3.696.590 per orang. Artinya, jika akan bolak-balik Jakarta-Makassar selama musim mudik, maka pemudik harus merogoh kocek hampir Rp 8 juta per orang.

Sementara untuk jurusan Balikpapan – Makassar tiket sudah habis terjual hingga tanggal 1 Juni 2019. Nanti terbuka lagi pada Minggu tanggal 2 Juni dengan harga termurah 2.141.700 per orang.

Salah seorang pemudik dari Balikpapan – Makassar memilih untuk naik kapal laut akibat harga tiket yang melonjak. “Saya dan beberapa keluarga memilih mudik naik kapal laut. Soalnya tahun ini harga pesawat sangat mahal,” tutur Jamal.

Mungkin karena harga tiket yang meroket, hingga tahun ini pemudik lebih banyak memilih naik kapal laut. Sementara pemudik antar propinsi yang ada akses jalan darat memilih naik bus. Seperti dari Makassar – Palu, Makassar – Kendari.

“Saya dan teman – teman asal Palu memilih pulang naik bus. Soalnya tiket pesawat sangat mahal,” tutur Anisah.

Pantauan Edelweisnews.com, pada Selasa (28/5), Pintu Keberangkatan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar agak sepi. Biasanya jelang Idul Fitri sangat ramai penumpang antri untuk masuk di pintu keberangkatan.

Penulis. : Jesi Heny

Baca juga: Heboh Tiket Pesawat Bandung-Medan Rp 21 Juta

Waktu tempuh penerbangan dari Jakarta menuju Makassar sekitar 2 jam 15 menit. Untuk tiket transit, harga tiket yang dibanderol pun akan semakin meningkat. Sebagai contoh, tiket Batik Air yang transit di Surabaya sebelum ke Makassar dihargai Rp 6.648.830 dan tiket pesawat Garuda Indonesia yang transit di Bandara Mutiara Sis Al-Jufrie seharga Rp 8.690.100.

Yang paling mahal, adalah kelas bisnis Garuda Indonesia yang transit di Jayapura. Harganya Rp 24.576.300 pada Sabtu 2 Juni mendatang.

Sementara itu, PT Angkasa Pura I yang mengelola Bandara Sultan Hasanuddin mengakui adanya penurunan penumpang akibat mahalnya harga tiket.

“Perbandingan dalam kurun lama tahun terakhir, tahun ini memang sangat drastis penurunannya. Padahal sebelumnya, pertumbuhannya selalu positif, sekitar 13 persen,” kata GM Angkasa Pura I, Wahyudi kepada wartawan.

Baca juga: Kemenhub: Tiket Pesawat Lebaran Tahun Ini Lebih Murah dari 2018

Pantauan di Bandara Sultan Hasanuddin di bagian keberangkatan, tidak ada antrean penumpang menuju pintu keberangkatan. Malahan, aktivitas di terminal ini cenderung lesu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Makassar SULSEL

Danny Pomanto Persiapkan Kenaikan Dana Hibah PMI dan Gelar Lorong Donor

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto mengatakan akan mempersiapkan kenaikan Dana Hibah untuk PMI Kota Makassar. “Yang jelas Dana Hibah untuk PMI Kota Makassar harus naik. Apalagi pernah mencapai Rp4 miliar,” kata Danny Pomanto, sapaan akrab Ramdhan Pomanto saat diwawancarai usai meresmikan Musyawarah Kota (Muskot) PMI Makassar di Jl Andi Djemma, Kamis […]

Read more
Makassar SULSEL

Danny Pomanto Hadiri Pelantikan dan Pengambilan Sumpah 209 Bintara Polri

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto menghadiri dan meramaikan Upacara Penutupan, Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Pendidikan Pembentukan Bintara Polri Gelombang I 2024 SPN Polda Sulsel. Upacara berlangsung di Lapangan Upacara SPN Polda Sulsel, Jl Urip Sumoharjo, Kamis (11 Juli 2024). Danny Pomanto hadir di SPN Polda Sulsel sekira pukul 07.55 Wita dan […]

Read more
Makassar SULSEL

Ketua TP PKK Kota Makassar Dorong Penguatan Peran Remaja dalam Pengelolaan Masjid di Makassar

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Kota Makassar mengambil langkah konkret dalam pemberdayaan masjid melalui pelatihan intensif untuk remaja masjid. Bertempat di Makassar Golden Hotel, kegiatan ini diikuti oleh 200 peserta setiap harinya, dengan tujuan memperkuat peran remaja dalam memakmurkan dan mengelola masjid di wilayah mereka masing-masing. Ketua TP PKK Kota Makassar […]

Read more