Ini Harapan Pj Walikota Dalam Tudang Sipulung

MAKASSAR,EDELWEISNEWS.COM – Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah yang jatuh pada Rabu 5 Juni 2019 menjadi perhatian serius Pj Walikota Makassar Dr M Iqbal S Suhaeb.

Hal ini terlihat saat mengajak seluruh camat di Kota Makassar bersama jajaran TNI dan Polri tudang sipulung di Baruga Anging Mamiri, Rumah Jabatan Walikota Makassar, Senin malam, 3 Juni 2019.

Tudang sipulung dihelat untuk mendengar laporan dari setiap camat mengenai kondisi wilayah kerjanya yang kemudian menjadi bagian kerja TNI – Polri dalam menjaga keamanan dan kenyamanan saat perayaan Idul Fitri.

Pj Walikota Iqbal berharap stakeholder bisa berkolaborasi dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri. Meminimalisir adanya tindak kriminal seperti pencurian yang kerap dimanfaatkan orang yang tidak bertanggung jawab ketika rumah dalam keadaan kosong karena ditinggal mudik pemiliknya.

“Tidak bisa dipungkiri terkadang ada saja aksi pencurian pada rumah yang ditinggal mudik, saya berharap para camat untuk turun langsung memantau keadaan wilayah kerjanya dan berkoordinasi dengan aparat kepolisian atau TNI setempat jika terjadi hal yang tidak diinginkan,” ujarnya.

Aksi ugal – ugalan pengendara bermotor jelang lebaran juga menjadi sorotan di tudang sipulung. Suara bising yang ditimbulkannya sangat mengganggu. Tentunya butuh perhatian serius dari aparat untuk menertibkannya agar warga dapat menyambut hari kemenangan dengan suasana tenang.

“Suara bising knalpot motor dan kendaraan yang melaju kencang di jalan raya sudah bukan rahasia lagi ketika malam takbiran. Pemerintah kota meminta bantuan aparat Polri dan TNI agar serius menyikapi. Kita ciptakan bersama Makassar aman di malam takbiran,” imbaunya.

Tudang sipulung yang juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Makassar Muhammad Ansar juga membahas kebersihan kota usai menggelar Shalat Ied. Sampah yang berserakan dimana – mana menjadi potret yang umum dijumpai setelah shalat.

“Saya instruksikan ke semua camat agar memberikan himbauan ke semua warganya untuk turut menjaga kebersihan. Koran pengalas sajadah yang sudah digunakan diambil kembali lalu dibuang di tempat sampah, jangan selalu mengandalkan Satgas Kebersihan. Berikan juga mereka kesempatan untuk berlebaran,” kata Iqbal.

Di akhir pertemuan Pj Walikota Iqbal kembali meminta komitmen camat dan aparat TNI – POLRI untuk berkolaborasi menjaga Makassar tetap aman dan damai sebelum dan setelah perayaan Idul Fitri. (hum)

Editor : Jesi Heny

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Makassar SULSEL

Kesra Kota Makassar Gelar Pelatihan Manajemen untuk 1.500 Pengurus Masjid

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM.- Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Sekretariat Daerah Kota Makassar menggelar Manajemen Pengelolaan Masjid kepada 1.500 pengurus masjid di Kota Makassar. Hal ini dalam upaya meningkatkan peran masjid sebagai pusat peradaban ummat Muslim. Acara berlangsung mulai tanggal 18 hingga 25 Juli 2024 di Makassar Golden Hotel, dengan setiap peserta mewakili satu masjid di Kota Makassar. […]

Read more
Makassar SULSEL

BPBD Kota Makassar Dorong Livable dan Resilient City Melalui Peningkatan Kapasitas

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar telah mengambil serangkaian langkah strategis untuk memperkuat kapasitas Kota Makassar dalam menghadapi tantangan bencana. Hal ini sejalan dengan salah satu Program Strategis Wali Kota Moh. Ramdhan Pomanto untuk menjadikan Makassar sebagai Livable City dan Resilient City yang tangguh. Kepala Pelaksana BPBD, Achmad Hendra Hakamuddin menyatakan, […]

Read more
Makassar SULSEL

Pangdam XIV/Hsn Terima Paparan RGB Latihan Pratugas Operasi Satgas Pamtas Darat RI-Malaysia Yonzipur 8/SMG

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun, S.I.P., menerima paparan Rencana Garis Besar (RGB) Latihan Pratugas Operasi Satgas pengamanan perbatasan (Pamtas) Darat Republik Indonesia-Malaysia Yonzipur 8/Sakti Mandra Guna TA. 2024, dari Danrindam XIV/Hasanuddin Kolonel Inf Budiawan Basuki. Pemaparan tersebut guna memberikan gambaran tentang rencana pelaksanaan latihan pratugas Pamtas Darat RI-Malaysia, bertempat di […]

Read more