Kebakaran Hebat Landa Lereng Gunung Panderman, Jawa Timur, Semua Pendaki Turun ke Pos Pantau

JAWA TIMUR, EDELWEISNEES.COM – Kebakaran hebat melanda kawasan hutan yang berada di lereng Gunung Panderman, Batu, Jawa Timur. Seluruh pendaki dilaporkan sudah tidak ada di gunung.

Berdasarkan laporan dari Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Batu, kebakaran diperkirakan terjadi pada pukul 19. 45 WIB, Minggu (21/7/2019) malam.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Batu Achmad Choirur Rochim mengatakan, pihaknya mengumpulkan para personel di Dusun Toyomerto, Desa Pesanggrahan, Kecamatan Batu untuk memadamkan api di lereng gunung.

“Di lokasi titik kumpul akan dilakukan koordinasi dan kaji cepat untuk menentukan rencana operasi pemadaman,” kata Rochim seperti dilansir Antara, Senin (22/7/2019).

Rochim mengatakan pihaknya juga tengah berusaha mengantisipasi api agar tidak merembet ke permukiman warga. 

“Penanganan malam ini dilakukan pemantauan dan antisipasi api agar tidak sampai ke perumahan warga,” kata Rochim.

BPPD melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak terkait operasi pemadaman ini. Koordinasi dilakukan bersama Perhutani, Polres Kota Batu, TNI, Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH).

Berdasarkan laporan terakhir pada pukul 22.00 WIB, sudah tidak ada pendaki yang berada di Gunung Panderman. Semua pendaki, sudah berada di Pos Pantau Gunung Panderman dan dalam kondisi aman.

“Menurut data dari Pos Pantau Gunung Panderman sudah tidak ada lagi pendaki yang berada di jalur pendakian Gunung Panderman,” kata Rochim.

Dua pendaki terakhir yang turun ke Pos Pantau Gunung Panderman adalah Much Adnan Fanani dan Firgiawan Listanto yang berasal dari Mojokerto. (ant)

Editor : Salsa Nabila

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jakarta Nasional TNI / POLRI

Inilah Pesan Kapolri dan Panglima TNI kepada Capaja TNI-Polri

JAKARTA, EDELWEISNEWS.COM – Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto memberikan pembekalan kepada Calon Perwira Remaja (Capaja) TNI dan Polri di Balai Sudirman, Jakarta Selatan, Rabu (10/7/2024). Kapolri dalam kesempatan kali ini menekankan agar capaja menjadi perwira yang Presisi (Predektif, responsibilitas, transparan, dan berkeadilan). Perwira sejati yang dapat diandalkan untuk […]

Read more
Jakarta Nasional Wajo

Pj. Bupati Wajo : Arahan Presiden, Daerah harus Adaptif dan Berinovasi

JAKARTA, EDELWEISNEWS COM – Presiden Joko Widodo membuka secara resmi Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) sekaligus Apkasi Otonomi Expo 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (10/7/2024). Presiden menyampaikan bahwa Indonesia telah menghadapi periode lima tahun yang penuh tantangan, termasuk krisis kesehatan, ekonomi, pangan, keuangan, hingga krisis kemanusiaan. “Kita patut bersyukur […]

Read more
Jakarta Nasional

SMSI Dorong Pemerintah Tingkatkan Keamanan Data dari Serangan Siber

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) mendorong pemerintah Indonesia untuk meniru langkah negara-negara maju dalam memperkuat sistem keamanan siber. Ketua Umum SMSI, Firdaus menekankan pentingnya memiliki infrastruktur digital yang tangguh dan responsif di tengah ancaman siber yang tidak bisa diprediksi. “Kita harus mengimplementasikan strategi keamanan siber yang komprehensif, melibatkan kolaborasi antara pemerintah, sektor […]

Read more