Lima Bakal Calon Akan Ramaikan Bursa Pemilihan Dekan Fisip Unhas

0
248

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Rapat Senat Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Hasanuddin (Unhas) pada hari Senin (18 April 2022), telah menentukan nomor urut dari lima bakal calon Dekan Fisip Unhas Periode 2022-2026. Proses pengundian nomor urut calon dimulai dengan pemilihan nomor undi untuk urutan pengambilan nomor calon, dengan menusuk balon yang dihiasi pita biru kuning.

Prof Rabina selaku Ketua Panitia Pemilihan Calon Dekan (P2CD) menyampaikan, bahwa panitia menyediakan balon sebagai representasi bakal calon atau biasa disingkat balon. Setelah para bakal calon memiliki nomor undi dalam pengambilan nomor calon, selanjutnya secara berurutan mengambil nomor calon yang disediakan oleh P2CD, dalam bentuk kertas karton yang digulung dan diikat pita biru kuning dalam kotak transparan.

Hasil pengambilan nomor urut calon yakni, nomor 1 adalah Prof.Dr Armin, M.Si yang juga petahana Dekan Fisip Unhas, karton dengan nomor 2 dipegang oleh Prof.Dr. Supriadi, MA yang pada dua periode sebelumnya menjabat sebagai Wakil Dekan 2, nomor 3 menjadi representasi bakal calon Dr.Suparman, M.Si yang saat ini menjabat sebagai Wakil Dekan Bidang Perencanaan, Keuangan dan Sumberdaya. Selanjutnya, Dr.Rahmat Muhammad, M.Si yang pada periode sebelumnya menjabat sebagai Wakil Dekan bidang Mahasiswa dan Alumni menjadi bakal calon nomor 4. Terakhir, nomor 5 adalah Dr.phil. Sukri, M.Si yang saat ini menjabat Wakil Dekan Bidang Akademik, Riset dan Inovasi.

Selain penentuan nomor undian bakal calon Dekan Fisip, Senat Fakultas dan P2CD juga membahas dan menyepakati Standar Operasional Prosedur (SOP) Penjaringan Aspirasi dan Sosialisasi Bakal Calon Dekan Fisip. SOP Penyampaian Kertas Kerja dan SOP Pemilihan Dekan Fisip Unhas sebagai pedoman pelaksanaan proses tahapan penyaringan dan pemilihan Calon Dekan Fisip Unhas periode 2022-2026.

Prof Rabina melanjutkan, bahwa kelima Bakal Calon Dekan ini akan melakukan sosialisasi rencana program kerja, serta menggalang aspirasi dan saran dari civitas akademika Fisip Unhas dan alumni pada tanggal 20 April 2022 pagi. Kegiatan ini akan dilakukan secara luring di Aula Prof Syukur Abdullah dan juga daring melalui Zoom dan Channel Youtube Fisip Unhas.

“Hal ini untuk memastikan keterlibatan semua pihak berkontribusi pada kemajuan Fisip Unhas ke depan,” kata Prof Rabina.

Lanjutnya, Hari H pelaksanaan pemilihan dan penyaringan Calon Dekan Fisip Unhas akan dilakukan pada tanggal 26 April 2022 di Gedung IPTEKS Unhas. Kegiatan ini akan dilakukan sebagai Rapat Senat Terbuka dan dilakukan secara blended atau gabungan luring dan daring. Meskipun demikian, Prof Rabina menegaskan bahwa hanya anggota Senat Fakultas dan P2CD saja yang bisa masuk dalam ruangan dan hadir secara luring.

“Civitas akademika dan alumni serta masyarakat bisa mengikuti proses pemilihan melalui Channel Youtube Fisip Unhas. P2CD juga menyiapkan layer di luar ruangan utama, sehingga civitas akademika yang hadir bisa mengikutinya secara langsung,” imbuhnya.

Sebelum pelaksanaan pemilihan, P2CD akan melakukan pemaparan kertas kerja semua Bakal Calon Dekan FISIP Unhas yang selanjutnya akan ditanggapi oleh dua orang panelis, yang dipilih mewakili akademisi dan professional.

“Kegiatan pemilihan ini akan diakhiri dengan tauziah dan buka puasa bersama, sebagai wadah untuk senantiasa menjaga kerjasama dan kekeluargaan di lingkungan Fisip Unhas,” pungkasnya.

Penulis : A. Naris Agam

Editor : Jesi Heny

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini