Mahasiswa PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar Gelar Pementasan dan Bincang Sastra Anak

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Mahasiswa Angkatan Pedagogis Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin, Makassar, punya cara kreatif menutup perkuliahan. Mereka mengadakan Pementasan dan Bincang Sastra Anak, bertema “Membumi dengan Budaya, Melangit dengan Kreativitas”. Kegiatan yang merupakan tugas akhir tersebut, diadakan di Auditorium UIN Alauddin, Samata, Senin (22 Januari 2024).

Ketua Program Studi (Kaprodi) Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Dr Munawir K, M.Ag, mengapresiasi tema kegiatan ini yang dinilai menarik. Dia melihat semangat mahasiswa yang hadir, sebagai bentuk kreativitas. Penampilan dan acara yang disuguhkan juga sesuai tema kegiatan, yang hendak membumikan budaya dan melangitkan kreativitas.

Munawir menambahkan, sastra memang penting bukan saja karena keindahan bahasanya tapi muatan pesan yang dikandungnya. Banyak sastrawan terkenal bisa menjadi sumber inspirasi, seperti Ibnu Sina, WS Rendra, Chairil Anwar, dan lain-lain. Mereka mengabdikan diri bagi kemanusiaan lewat karya-karyanya.

Karena itu, dia mengaku bangga pada mahasiswa yang menghidupkan karya sastra. Dikatakan, memang penting ketrampilan berbahasa agar dalam menyampaikan ideologi, pikiran, gagasan, pandangan, bukan saja komunikatif tapi juga santun dan indah.

Dia mengingatkan bahwa seseorang itu bisa tergelincir hanya lantaran dalam memilih kata, diksi, atau istilah kurang tepat. Sehingga disarankan kepada mahasiswa, perlu mengakselerasi nilai-nilai sastra bukan saja bagi UIN Alauddin, tapi juga masyarakat diuar kampus. Bila perlu dibentuk paguyuban agar kegiatan kemahasiswaan lebih terorganisasi dengan baik.

Sementara itu, Dosen Pengampu Mata Kuliah Kajian Sastra Anak, Hj Andi Hasrianti, SS, M.Pd, menyampaikan bahwa kegiatan Pementasan dan Bincang Sastra Anak merupakan tugas akhir mahasiswa. Kegiatan ini diorganisir oleh mahasiswa peserta Mata Kuliah Kajian Sastra Anak. Jadi mereka semua terlibat dalam acara pementasan ini.

Rusdin Tompo, sebagai narasumber dalam bincang sastra anak, memulai materinya dengan mengutip kajian yang dilakukan David McClelland, seorang psikolog sosial yang tertarik pada masalah-maaalah pembangunan. Dia mengkaji dongeng dan cerita-cerita anak di Inggris dan Spanyol.

Dia juga melakukan kajian sejarah pada dokumen-dokumen kesusastraan dari zaman Yunani kuno. Selanjutnya, dia mengumpulkan 1.300 cerita anak-anak dari berbagai negara, dari era 1925 dan 1950.

McClelland berkesimpulan, karya-karya sastra yang menunjukkan optimisme yang tinggi, keberanian untuk mengubah nasib, dan tidak mudah menyerah, akan mempengaruhi anak-anak di masa depannya. Karya-karya sastra semacam itu disebut oleh McClelland mengandung virus “n-Ach” atau the need for achievement (kebutuhan untuk berprestasi).

Menurut Rusdin Tompo, penulis buku yang juga sebagai pegiat Sekolah Ramah Anak, sekalipun ada kebutuhan pada sastra anak, tapi dibutuhkan ketrampilan menguasai teknik penulisan sastra anak, tahu rambu-rambunya, memahami tahap perkembangan anak, dan bisa menangkap sudut pandang anak.

Penulisan dan pembelajaran sastra anak, jelas Rusdin, perlu berbasis muatan lokal, karena untuk memperkenalkan anak-anak pada bahasa ibunya, sekaligus sebagai upaya pelestarian bahasa daerah. Selain itu, sebagai upaya penguatan literasi budaya dan kewargaan. Sastra anak bisa pula jadi metode pembelajaran dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

Ketua Panitia, Muh Ilham S mengatakan, tema “Membumi dengan Budaya, Melangit dengan Kreativitas” ini diangkat karena kita hidup di Indonesia yang masyarakatnya sangat beragam. Kita bisa melangit melalui kreativitas sebagai bentuk aktualisasi diri. Sebab tanpa kreativitas, menurutnya, kita bukan apa-apa. Kegiatan ini bagian dari kajian sastra anak yang perlu dirawat dan dikembahgkan. (Ril)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LEGISLATIF SULSEL Wajo

DPRD Kabupaten Wajo Ajukan Dua Ranperda Inisiatif Melalui Rapat Paripurna

WAJO, EDELWEISNEWS.COM – DPRD Kabupaten Wajo mengajukan 2 Ranperda inisiatif melalui rapat paripurna yang digelar di Gedung DPRD Wajo Lantai II, Jumat (26/7/2024). Kedua Ranperda inisiatif tersebut yakni, Perubahan Kedua atas Perda Nomor 6 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah yang Usul Inisiatif Komisi I DPRD Kab. Wajo dan Fasilitasi Pendidikan Pondok Pesantren […]

Read more
Makassar SULSEL

Disbud Persembahkan Tari Bunga Buttayya, Kisahkan Perempuan dan Makassar di F8

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Dinas Kebudayaan Kota Makassar kembali memeriahkan event Makassar International Eight Festival & Forum atau F8 di Panggung Utama F8, Kawasan Tugu MNEK, CPI, Jumat (26 Juli 2024). Disbud Makassar menampilkan Tari Bunga Butayya yang menggambarkan karakter perempuan dan Makassar. Yang mana dua kata tersebut memiliki entitas yang tak bisa dipisahkan. Sosok perempuan […]

Read more
Makassar SULSEL Wajo

LSKP Bekerja sama Dinkes Kabupaten Wajo Gelar Bimtek Evaluasi Standar Pelayanan Minimal

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Lembaga Studi Kebijakan Publik (LSKP) mengadakan Bimbingan Teknis Evaluasi Standar Pelayanan Minimal (SPM) Dinas Kesehatan Kabupaten Wajo Tahun Anggaran 2024 di Hotel M Regency Makassar dari tanggal 25 hingga 26 Juli 2024. Dr. drg. Hj. Armin, M. Kes, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Wajo mengatakan, Bimtek ini untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan dan […]

Read more