Masjid Taqwa Tompong Dibangun Raja Pertama Bantaeng

BANTAENG,EDELWEISNEWS.COM – Masjid Taqwa Tompong adalah situs sejarah Islam yang berada di Kabupaten Bantaeng. Pengaruhnya bagi perkembangan Islam di daerah dengan julukan Butta Toa ini sangat besar.

Masjid yang terletak di Kampung Tompong, Kelurahan Letta, Kecamatan Bantaeng, Kabupaten Bantaeng ini, kondisinya masih terjaga dan kokoh.

Dari segi arsitektur, masjid tersebut terpengaruh oleh Dinasti Ming di Tiongkok. Ini bisa dilihat dari bentuk kubah masjid berbentuk tumpang tiga dan berwarna merah. Pada bagian puncaknya terdapat sebuah guci.

Didalamnya juga terdapat banyak tulisan kaligrafi Al-Qur’an. Terdapat juga empat pilar menandakan empat mazhab, yakni Hambali, Hanafi, Syafii dan Malik. Sementara lima pintu masjid menandakan shalat lima waktu.

Masjid ini memiliki ukuran panjang 31,5 meter, lebar 21 meter dan tinggi 16 meter. Sementara pekarangannya dengan panjang 16 meter dan lebar 23,5 meter.

Masjid ini dibangun oleh raja pertama Bantaeng, Karaeng Panawan bersama 12 pemangku adat pada tahun 1885.

Walaupun sebagai situs sejarah, namun masjid ini masih tetap digunakan oleh masyarakat untuk beribadah. Jika anda berada di Kabupaten Bantaeng, masjid tersebut bisa dikunjungi untuk beribadah di Bulan Ramadan tentunya. (hum)

Editor : Jesi Heny

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Agama Makassar SULSEL TNI / POLRI

Polrestabes Makassar Gelar Safari Subuh di Kecamatan Biringkanaya

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Polrestabes Makassar menggelar kegiatan safari Subuh di Masjid Al Ikhlas, Kelurahan Katimbang, Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar, Jumat (18/10/2024). Kapolrestabes Makassar yang diwakili oleh Kasat Binmas Polrestabes Makassar, AKBP H. Risman Sani, S.Ag, menyampaikan pesan Kamtibmas. Ia menekankan warga Kota Makassar, khususnya di Katimbang, agar senantiasa menjaga kerukunan antar tetangga sesuai dengan falsafah […]

Read more
Makassar SULSEL

Puluhan Booth UMKM Meriahkan Peringatan Harvesting BBI/BBWI dan HUT Sulsel di Anjungan City of Makassar

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM. – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Pemprov Sulsel) bersama Bank Indonesia dan Kementerian Keuangan melaksanakan peringatan Harvesting Bangga Buatan Indonesia (BBI)/Bangga Berwisata Indonesia (BBWI) Produk Dalam Negeri (PDN), di Anjungan City of Makassar, Kota Makassar, tanggal 16-19 Oktober 2024. Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Since Erna Lamba mengatakan, puluhan booth atau tenant […]

Read more
Makassar SULSEL

Kadis PU Makassar Dampingi Pjs Wali Kota Resmikan Sistem Penyediaan Air Minum di Kecamatan Tallo

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar, Zuhaelsi Zubir mendampingi Pjs Walikota Andi Arwin Azis dalam peresmian dan penyerahan pengelolaan infrastruktur Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM), berupa jaringan perpipaan Tahun Anggaran 2024 di Kelurahan Pannampu, Kecamatan Tallo. Kamis (17/10/2024). Pada kesempatan ini, Dinas PU juga turut mengundang para pejabat yakni camat, lurah, […]

Read more