Mengulik Warkop Madju, Warkop Legendaris di Samarinda

Warkop Madju Kota Samarinda kota Tepian (Teduh Rapi, Aman dan nyaman).

SAMARINDA, EDELWEISNEWS COM – Kota Samarinda memiliki beberapa warung kopi (warkop) legendaris, satu diantaranya adalah Warkop Madju.

Untuk menjawab rasa penasaran saya, begitu menginjakkan kaki di Kota Samarinda, tempat yang pertama jadi sasaran saya adalah pasar pagi,tepatnya Samarinda Kota, Jalan Panglima Batur 7 RT 008, Simpang Empat Pasar Pagi Samarinda, Kalimantan Timur.

Kedai ini antik dan unik karena mengandalkan alat masak dan furniture zaman dulu.

Tidak hanya soal fisik, Warkop Madju Samarinda juga memiliki rasa yang otentik. Minuman serta makanan olahan warkop ini telah terjaga sekian lama, itulah sebab disebut legendaris.

Secara usia, warkop legendaris Madju ini telah berdiri sejak tahun 1970-an di Samarinda.

Artinya makanan dan minumannya telah menyapa masyarakat sekira setengah abad.
Warkop Madju menyediakan berbagai hidangan bercita rasa otentik yang dibuat sendiri.

Seperti kopi tubruk, teh susu, roti bakar selai sarikaya, roti telur, dan telur ayam kampung setengah matang. Teh susu asli Samarinda yang rasanya seperti teh tarik era 1960 hingga 1970-an, adalah minuman khas wisata kuliner Sungai Mahakam.

Menu populer untuk sarapan adalah roti telur dan roti selai sarikaya yang dibakar dengan bara api arang. Untuk yang menginginkan hidangan berkuah panas, tersedia juga Coto Makassar dan Soto Banjar.

Meskipun bukan masakan asli Samarinda, Coto Makassar dan Soto Banjar ini sudah lama menjadi menu andalan wisata kuliner Sungai Mahakam.

Yang paling recommeded untuk dicoba tentu saja teh susu asli Samarinda. Konon, teh susu ini adalah suguhan minuman berkelas tinggi pada zaman dulu, yang biasanya disajikan untuk tamu istimewa, tamu penting, atau tamu terhormat.

Cara membuatnya masukkan bubuk daun teh (loose leaf yang potongan daunnya kecil-kecil) ke dalam kain penyaring. Lalu, diseduh dengan air panas rebusan baru, diamkan/rendam 3-4 menit.
Setelah direndam atau didiamkan, lalu tuang ke cangkir.

Terakhir tambahkan susu kental manis yang banyak. Ya, rasanya memang manis karena itulah rasa yang original seperti yang dinarasikan Adelina dalam insidepontianak(3 maret 2024).

Hari – hari berikutnya saya terus menelusuri sudut sudut kota ini, yang terus bergeliat dalam roda pembangunan yang terus bersolek menuju kota metropolitan sebagai pintu gerbang Ibukota Negara.

Saya pernah berkunjung ke kota ini waktu selesai S1 tahun 1996, masih bujangan. Hari ini tepat 23 Juni 2024 aku berdiri di pinggir Sungai Mahakam, melihat mobilitas pengangkut batubara yang menuju laut lepas untuk diolah atau menuju suatu tempat yang entah kemana.

30 tahun lalu itu juga kusaksikan, betapa banyak produk bumi Borneo yang terkuras, yang seharusnya membuat wilayah ini kaya sekayanya dan masyarakatnya semakin sejahtera.

Samarinda : sama rendah dalam peradaban yang juga bermakna tatanan kemasyarakatan yang egaliter dan berkeadilan.

“Bergerak Bersama, Samarinda Makin Maju” adalah penggalan semangat yang mendorong semua untuk lebih berkontribusi dalam pembangunan Kota Samarinda secara maksimal, dengan bekerja secara bersama.
Wallahu Alam bisawab.

Penulis : Sudirman Muhamadiyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kalimantan SULSEL

Tiga Anak Muda Sulsel Cetak Prestasi di Pekan Kreativitas Pemuda Indonesia 2024

BANJAR BARU, EDELWEISNEWS.COM – Kontingen Sulawesi Selatan berhasil mencetak prestasi pada Pekan Kreativitas Pemuda Indonesia (Kreativesia Komunitas Fest) 2024, yang digelar di Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan. Event tersebut telah resmi ditutup Sabtu, 31 Agustus 2024. Sulsel berhasil meraih dua Juara II, masing-masing dari Muhammad Restu Dwisaputra yang berlomba di kategori nasional bidang desain grafis, […]

Read more
Kalimantan

Andi Bataralifu Hadiri Rakor yang Dipimpin Presiden Jokowi di IKN

KALTIM, EDELWEISNEWS.COM – Pj Bupati Wajo Andi Bataralifu turut menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) seluruh kepala daerah baik gubernur, bupati, maupun wali kota untuk mendapat arahan langsung dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim),.Selasa (13/8/2024). Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian mengatakan, pengarahan tersebut menjadi […]

Read more
Artikel Makassar SULSEL

Anregurutta Aa Gym

Oleh : Aslam Katutu Enam tahun silam baru ketemu lagi dengan beliau. Selama ini saya hanya menyimak kajian-kajian tauhidnya melalui media sosial dan sekaligus mengikuti perkembangan kiprah dakwahnya. Sebagai Gurunda, sebagai sahabat, orang tua bahkan terkadang saya menganggap sebagai kakak, Aa Gym yang kukenal sejak tahun 1996, kini kembali menginjak kakinya sekaligus menyebarkan dakwahnya dan […]

Read more