Pangdam XVI/Pattimura Dianugerahi Gelar Kedatuan Luwu

PALOPO,EDELWEISNEWS.COM – Usai menjalani berbagai proses ritual adat Kedatuan Luwu, Pangdam XVI/Pattimura, Mayjend TNI Dr. Marga Taufiq yang dianugerah gelar Adat Kedatuan Luwu oleh Datu Luwu, H Andi Maradang Mackulau Opu To Bau di Istana Datu Luwu, Kota Palopo, Senin (12/8/2019) mengatakan, bahwa pemberian gelar kedatuan ini menjadi tanggung jawab baru bagi dirinya.

“Pemberian Gelar Adat Kedatuan Luwu ini merupakan satu wujud tanggung jawab saya untuk memelihara komunikasi dengan masyarakat di Tana Luwu ini. Menjadi tugas dan tanggung jawab saya untuk menjaga komunikasi dan saling mendukung untuk membangun tanah Luwu ini, terutama membina generasi muda sebagai pelanjut pembangunan,” kata Mayjend TNI Dr Marga Taufiq.

Menurutnya, dirinya harus memberikan support. Walau kewenangan sepenuhnya berada pada kepala daerah, namun paling tidak bisa menjadi inspirasi kepada generasi muda.

“Anggapan masyarakat bahwa saya punya karier di militer cukup baik, dan dianggap sebagai orang Luwu pertama yang bisa mencapai Pangdam. Sehingga harapan saya, ini bisa menjadi inspirasi dan motivasi bagi generasi muda dan kemudian muncul yang berikutnya selain saya. Bukan hanya di militer saja tapi semoga ada juga dibidang lainnya”, harapnya.

Mayjend TNI Dr Marga Taufiq oleh Datu Luwu diberi gelar “Pekkeng Ri Rennuang Ri Luwu” yang memiliki makna prajurit harapan orang Luwu.

Hadir dalam acara penganugerahan gelar Adat Kedatuan Luwu diantaranya, Walikota Palopo, HM Judas Amir, Wakil Walikota Palopo, H Rahmat Masri Bandaso, Wakil Bupati Luwu, Syukur Bijak, anggota DPR RI terpilih, Muh Dhevi Pawindu, ketua dan anggota DPRD se – Tana Luwu, Forkopinda se – Tana Luwu dan tokoh adat se -Tana Luwu.

Penulis : Adi Summit

Editor. : Jesi Heny

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Makassar SULSEL

Membincang Buku “Matahari di Atas Rante Mario” Karya Andi Makmur Makka

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Mendekatkan sejarah kepada generasi muda melalui karya sastra, merupakan cara kreatif. Walaupun pembaca sastra genre ini dituntut mesti memahami lanskap peristiwanya. Karena sastra jenis ini tak sepenuhnya imajinatif, tapi juga dilengkapi serpihan informasi, serta cerita-cerita yang didasarkan data dan fakta sejarah. Andi Makmur Makka, penulis novel “Rumpa’na Bone” menyadari akan hal itu. […]

Read more
Makassar Olahraga SULSEL

Aster Kasdam XIV/Hsn Menghadiri Event Gajah Mada Run 2024

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Asisten Teritorial (Aster) Kasdam XIV/Hasanuddin Kolonel Kav Eko Saptono, S.E, M.M, menghadiri event “Gajah Mada Run 2024”, dalam rangka peringatan HUT ke-79 TNI Tahun 2024. Acara ini diselenggarakan atas gagasan dari Danpomdam XIV/Hasanuddin Kolonel Cpm Imran Ilyas, S.H., M.H., bertemakan “Langkah Bersama untuk Indonesia Sehat dan Kuat”. Adapun jarak tempuh lari sejauh […]

Read more
Makassar Olahraga SULSEL

Pangdam XIV/Hsn Turut Meriahkan Korpri Run 2024

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun, S.I.P didampingi Ketua Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) PD XIV/Hasanuddin Mia Bobby Rinal Makmun, turut memeriahkan event Korpri Run 2024. Ajang lari yang digelar oleh Dewan Pengurus (DP) Korpri Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) bersama Dewan Pengurus Korpri Nasional ini diadakan dalam rangka memperingati Hari Jadi […]

Read more