Pemkab Maros Gelar Bimtek BKAD dan UPK

MAROS,EDELWEISNEWS.COM – Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MPD) yang telah berakhir pada tahun 2015, meninggalkan beberapa unit lembaga yang kini keberadaannya seperti hidup enggan mati tak mau.

Lembaga tersebut bernama Badan Kerjasama antar Desa (BKAD) dan Unit Pengelola Kegiatan (UPK) yang berada di kecamatan. UPK mengelola simpan pinjam perempuan (SPP) dengan dana hingga milyaran rupiah.

Untuk kembali membangkitkan lembaga tersebut, dilakukan pembinaan berupa bimtek. Bimtek yang dilakukan di ruang pola kantor Bupati Maros pada Kamis (2/5/2019) berdasarkan SK Bupati Maros No 1207/KPTS/140/VII/2019. Acara dibuka oleh Sekretaris BPMPD Kabupaten Maros.

Ketua BKAD Kabupaten Maros, Syahrir mengatakan, keberadaan BKAD sebagai warisan PNPM-MPD sepertinya sekarang kurang dimanfaatkan oleh desa.

“BKAD dimanfaatkan hanya untuk kegiatan UPK saja. barangkali ini dikarenakan PNPM sudah berakhir,” paparnya.

Sebetulnya, lanjut Syahrir, yang dibutuhkan adalah regulasi berupa Perda atau Perbup yang memuat aturan main setelah berakhirnya PNPM. “Seharusnya ada regulasi baru walau isinya sama,” katanya.

Mantan fasilitator PNPM itu meminta pemerintah tidak melihat sebelah mata keberadaan hasil PNPM, karena bagaimanapun juga PNPM sudah mengukir pembangunan bangsa untuk keluar dari jerat kemiskinan.

“Ada sekitar Rp1,4 T dana yang sampai sekarang masih berputar di masyarakat walau PNPM telah berakhir. Ini membuktikan bahwa moral pengelola UPK cukup bagus, jika tidak, pasti dana tersebut sudah ludes,” pungkas Syahrir.

Penulis : M. Hasim

Editor. : Jesi Heny

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Makassar SULSEL

Danny Pomanto Persiapkan Kenaikan Dana Hibah PMI dan Gelar Lorong Donor

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto mengatakan akan mempersiapkan kenaikan Dana Hibah untuk PMI Kota Makassar. “Yang jelas Dana Hibah untuk PMI Kota Makassar harus naik. Apalagi pernah mencapai Rp4 miliar,” kata Danny Pomanto, sapaan akrab Ramdhan Pomanto saat diwawancarai usai meresmikan Musyawarah Kota (Muskot) PMI Makassar di Jl Andi Djemma, Kamis […]

Read more
Makassar SULSEL

Danny Pomanto Hadiri Pelantikan dan Pengambilan Sumpah 209 Bintara Polri

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto menghadiri dan meramaikan Upacara Penutupan, Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Pendidikan Pembentukan Bintara Polri Gelombang I 2024 SPN Polda Sulsel. Upacara berlangsung di Lapangan Upacara SPN Polda Sulsel, Jl Urip Sumoharjo, Kamis (11 Juli 2024). Danny Pomanto hadir di SPN Polda Sulsel sekira pukul 07.55 Wita dan […]

Read more
Makassar SULSEL

Ketua TP PKK Kota Makassar Dorong Penguatan Peran Remaja dalam Pengelolaan Masjid di Makassar

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Kota Makassar mengambil langkah konkret dalam pemberdayaan masjid melalui pelatihan intensif untuk remaja masjid. Bertempat di Makassar Golden Hotel, kegiatan ini diikuti oleh 200 peserta setiap harinya, dengan tujuan memperkuat peran remaja dalam memakmurkan dan mengelola masjid di wilayah mereka masing-masing. Ketua TP PKK Kota Makassar […]

Read more