Plt Kadis Kominfo Paparkan Peran Krusial Kominfo di Forum SKPD Dinas Kominfo

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Dinas Komunikasi dan Informatika gelar forum SKPD yang dihadiri oleh perwakilan OPD lingkup Pemkot Makassar dan juga beberapa stakholder guna mensinkronkan berbagai program kerja Pemkot Makassar, di Hotel Vasaka, Senin (19/2/2024).

Forum SKPD dibuka secara langsung oleh Staf Ahli Bidang II, Dr Aryati Puspasari mewakili Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto. Dia menyampaikan harapan terwujudnya transformasi digital, menuju Makassar Metaverse.

“Dengan adanya forum SKPD ini, menjadi forum untuk menyinkronkan berbagai program, sekaligus mendengarkan berbagai pendapat, baik itu hasil rekomendasi Musrenbang, dan juga sebagai ajang evaluasi berbagai program yang telah berjalan,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama Plt Kadis Kominfo Makassar, Ismawaty Nur menyampaikan terkait peran krusial Kominfo.

“Masukan dan saran dari masyarakat, sebagian besar tentang kebutuhan CCTV. Namun perlu diketahui Kominfo memiliki peran krusial, seperti melaksanakan peran kunci untuk melaksanakan satu data Indonesia, yang berarti harus satu data pula di kabupaten/kota,” ungkapnya.

Ismawaty Nur menambahkan, bahwa Kominfo memiliki kapasitas dari segi hal teknologi dan statistik, serta memiliki tanggung jawab untuk menjamin kerahasiaan data yang ada.

Untuk Kominfo Makassar terdapat beberapa bidang diantaranya Bidang Aptika, Bidang Humas dan IKP, Bidang Pengelolaan Data Elektronik dan Bidang Persandian.

Hal lain yang menjadi catatan sebagai prioritas yakni menyediakan internet publik, yang dapat diakses oleh masyarakat secara umum.

“Pentingnya ketersediaan internet yang dapat digunakan oleh publik, salah satunya untuk mendukung UMKM yang ada di lorong, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” lanjutnya.

Demikian pula ketersediaan internet di sekolah-sekolah, sehingga anak didik dapat didukung oleh sarana internet dalam pendidikan.

Pada akhirnya setelah melalui sharing, dengar pendapat dari peserta forum, akhirnya disimpulkan bahwa masih dibutuhkan berbagai peningkatkan, serta adanya regulasi, serta strategi pemanfaatan, sehingga dapat terintegrasi dan memberi manfaat bagi OPD dan juga masyarakat.

Forum ini menghadirkan beberapa narasumber diantaranya Staf Ahli Pemkot Makassar, Prof Dr Naidah Naim, Badan Siber Sandi Negara, Aruf Fahru Rozi, dan perwakilan dari Bappeda, Saharuddin, dan fungsional perencana muda. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Makassar SULSEL

Danny Pomanto Persiapkan Kenaikan Dana Hibah PMI dan Gelar Lorong Donor

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto mengatakan akan mempersiapkan kenaikan Dana Hibah untuk PMI Kota Makassar. “Yang jelas Dana Hibah untuk PMI Kota Makassar harus naik. Apalagi pernah mencapai Rp4 miliar,” kata Danny Pomanto, sapaan akrab Ramdhan Pomanto saat diwawancarai usai meresmikan Musyawarah Kota (Muskot) PMI Makassar di Jl Andi Djemma, Kamis […]

Read more
Makassar SULSEL

Danny Pomanto Hadiri Pelantikan dan Pengambilan Sumpah 209 Bintara Polri

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto menghadiri dan meramaikan Upacara Penutupan, Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Pendidikan Pembentukan Bintara Polri Gelombang I 2024 SPN Polda Sulsel. Upacara berlangsung di Lapangan Upacara SPN Polda Sulsel, Jl Urip Sumoharjo, Kamis (11 Juli 2024). Danny Pomanto hadir di SPN Polda Sulsel sekira pukul 07.55 Wita dan […]

Read more
Makassar SULSEL

Ketua TP PKK Kota Makassar Dorong Penguatan Peran Remaja dalam Pengelolaan Masjid di Makassar

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Kota Makassar mengambil langkah konkret dalam pemberdayaan masjid melalui pelatihan intensif untuk remaja masjid. Bertempat di Makassar Golden Hotel, kegiatan ini diikuti oleh 200 peserta setiap harinya, dengan tujuan memperkuat peran remaja dalam memakmurkan dan mengelola masjid di wilayah mereka masing-masing. Ketua TP PKK Kota Makassar […]

Read more