Seorang Relawan Tewas Saat Evakuasi Pendaki di Gunung Mekongga, Ini Penyebabnya

KOLAKA,EDELWEISNEWS.COM – Husnawati Tombo (30) warga Bangun Sari Kabupaten Muna tewas terseret arus sungai. Husnawati adalah relawan dari Kelompok Pecinta Alam (KPA) Kepal yang bergabung dengan tim untuk mengevakuasi 12 pendaki pendaki yang tersesat dalam Ekspedisi Gunung Mekongga.

Sayang, nasib Husnawati naas. Dia terseret arus sungai di Desa Tinukari Kecamatan Wawo Kabupaten Kolaka Utara (Kolut).

Kapolsek Ranteangin, Ipda Agustian membenarkan kejadian tersebut. Katanya korban tercatat sebagai tim relawan yang berangkat di tim terakhir untuk mengevakuasi pendaki yang terjebak di Gunung Mekongga.

Ipda Agustian menuturkan, insiden naas itu terjadi pukul 11.00 Wita, Kamis (2/5/2019), saat korban hendak menyeberang di penyeberangan kedua.

“Begitu korban menyeberang, baru sekitar tiga meter masuk sungai tiba-tiba pegangannya lepas, karena kemungkinan korban tidak kuat menahan arus sungai dan akhirnya hanyut terseret air,” tutur Kapolsek Ranteangin.

Lanjutnya, setiap penyeberangan sungai selalu disiapkan tali untuk pegangan, mungkin karena arus sungai cukup deras, pegangan korban terlepas dan akhirnya terseret.

Begitu mengetahui korban terbawa arus maka anggota Basarnas, TNI dan Polri serta warga sempat mengejar. Namun, tiba-tiba korban berada di arus deras dan akhirnya hilang di pusaran air.

“Korban terseret sekitar satu kilometer dari tempat penyeberangan karena anggota sempat mengejar mengikuti sungai sampai ke hulu. Warga sudah menunggu di bagian bawah dan akhirnya ditemukan sudah dalam kedaan meninggal dunia. Diperkirakan kuatnya arus dan terhantam di batu sungai sehingga meninggal dunia,” terangnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lingkungan Makassar SULSEL

Pj Sekda Makassar Buka Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Ajak Masyarakat Jaga Bumi

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM — Pj Sekda Makassar, Firman Hamid Pagarra mengajak masyarakat agar terus menjaga bumi dan lingkungan alam sekitar. Hal itu disampaikan saat membuka resmi acara peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia lingkup Pemerintah Kota Makassar, di Hotel Aston, Kamis (20/6/2024). Dengan tema “Penyelesaian Krisis Iklim dengan Inovasi dan Prinsip Keadilan” Kota Makassar sangat konsen memperhatikan […]

Read more
Sulawesi Barat Sulawesi Tenggara SULSEL

Program TMMD ke-120 Tahun 2024 Jajaran Kodam XIV/Hsn Resmi Ditutup

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) le-120 tahun 2024 yang telah dibuka pada tanggal 8 Mei lalu, kini resmi ditutup, Jumat (7/6/2024). Penutupan ditandai dengan upacara secara serentak di wilayah jajaran Kodam XIV/Hasanuddin yakni di Provinsi Sulsel, Sulbar dan Sultra. Upacara penutupan TMMD ini, untuk di wilayah Kodim 1415/Selayar ditutup oleh Kasdam […]

Read more
Sulawesi Tenggara TNI / POLRI

Pangdam XIV/Hsn Mengapresiasi Putra-Putri Personel Kodim 1412/Kolaka yang Berprestasi

KOLAKA, EDELWEISNEWS.COM – Saat melaksanakan kunjungan kerja (Kunker) di Kodim 1412/Kolaka, Pangdam XIV/Hasanuddin, Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun, S.I.P memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada putra-putri personel Kodim 1412/Kolaka yang berprestasi di sekolah maupun yang berhasil meraih pendidikan ke luar negeri, Kamis (6/6/2024). Salah satu putra berprestasi adalah Ahmad Nurul Fahri, S.Si (24), telah berhasil meraih gelar […]

Read more