Siswa di Lutim Sampaikan Aspirasi ke Wabup Saat Musrenbang Anak

LUWU TIMUR,EDELWEISNEWS.COM – Komitmen Pemerintah Kabupaten Luwu Timur untuk menjadikan daerahnya sebagai Kabupaten Layak Anak terlihat saat acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Anak. Seluruh pesertanya melibatkan anak yang diselenggarakan oleh Bapelitbangda Kabupaten Luwu Timur, di Gedung Wanita Simpurusiang, Puncak Indah, Kecamatan Malili, Rabu (13/03/2019).

Kegiatan ini sebagai ruang untuk anak mengungkapkan pendapat dan mengekspresikan hak mereka dalam pembangunan daerah.

Anak-anak peserta Musrenbang yang berasal dari Perwakilan SLTP dan SLTA yang ada di Kabupaten Luwu Timur tersebut, terlihat sangat antusias saat menjelaskan kebutuhan dan permasalahan yang mereka rasakan selama ini kepada Wakil Bupati Luwu Timur, Irwan Bachri Syam..

Menurut Irwan, forum tersebut adalah salah satu upaya yang sistematis dan berkelanjutan dalam memberikan ruang yang lebih luas bagi anak-anak untuk berpartisipasi dalam perencanaan pembangunan daerah. “Negara juga menjamin hak anak dalam menyampaikan pendapat dan didengar pandangannya,” kata Irwan.

Risna, salah satu peserta Musrenbang Anak dari Kecamatan Burau tanpa sungkan menyampaikan keluhannya dihadapan Irwan yang saat itu didampingi oleh Kepala Dinas Sosial dan P3A, Sukarti, bersama Kadis Pendidikan, La Besse.

Dari persoalan pendidikan hingga keluhan mereka soal sarana kebersihan disampaikan langsung dihadapan Wakil Bupati Luwu timur tersebut. Risna juga mengeluhkan soal jarak sekolah dari tempat tinggalnya yang cukup jauh dan hanya mengandalkan sarana bus sekolah yang disiapkan pemerintah.

Mendengar langsung berbagai masukan dari anak-anak peserta Musrenbang Anak, Irwan menginstruksikan OPD terkait untuk menindaklanjutinya.

“SKPD terkait harus mampu menyerap aspirasi anak-anak pada Musrenbang ini,” tegas Irwan.

Menurutnya, aspirasi anak-anak tidak boleh berhenti di Musrenbang saja. Tetapi harus menjadi masukan bagi pemerintah dalam setiap kebijakan agar memiliki keberpihakan terhadap anak. (hum)

Editor : Salsa Nabila

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Makassar SULSEL

Danny Pomanto Persiapkan Kenaikan Dana Hibah PMI dan Gelar Lorong Donor

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto mengatakan akan mempersiapkan kenaikan Dana Hibah untuk PMI Kota Makassar. “Yang jelas Dana Hibah untuk PMI Kota Makassar harus naik. Apalagi pernah mencapai Rp4 miliar,” kata Danny Pomanto, sapaan akrab Ramdhan Pomanto saat diwawancarai usai meresmikan Musyawarah Kota (Muskot) PMI Makassar di Jl Andi Djemma, Kamis […]

Read more
Makassar SULSEL

Danny Pomanto Hadiri Pelantikan dan Pengambilan Sumpah 209 Bintara Polri

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto menghadiri dan meramaikan Upacara Penutupan, Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Pendidikan Pembentukan Bintara Polri Gelombang I 2024 SPN Polda Sulsel. Upacara berlangsung di Lapangan Upacara SPN Polda Sulsel, Jl Urip Sumoharjo, Kamis (11 Juli 2024). Danny Pomanto hadir di SPN Polda Sulsel sekira pukul 07.55 Wita dan […]

Read more
Makassar SULSEL

Ketua TP PKK Kota Makassar Dorong Penguatan Peran Remaja dalam Pengelolaan Masjid di Makassar

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Kota Makassar mengambil langkah konkret dalam pemberdayaan masjid melalui pelatihan intensif untuk remaja masjid. Bertempat di Makassar Golden Hotel, kegiatan ini diikuti oleh 200 peserta setiap harinya, dengan tujuan memperkuat peran remaja dalam memakmurkan dan mengelola masjid di wilayah mereka masing-masing. Ketua TP PKK Kota Makassar […]

Read more