Tanda – tanda Jika Gula Darah sedang Naik

EDELWEISNEWS.COM – Seperti yang sudah banyak diketahui gula darah adalah penyebab terjadinya diabetes, salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Diabetes bisa berkembang bila kadar gula dalam tubuh dibiarkan dalam batas yang tidak normal. Kondisi yang berlebihan seperti ini membuat kita perlu terus berwaspada. 

Berikut ini gejala nyata yang terjadi saat gula darah naik atau bertambah tinggi.

1. Sering buang air kecil

unsplash.com/kxvn_lx

Hal ini dapat terjadi karena saat gula darah tinggi ada hasrat untuk terus minum dalam jumlah yang banyak, seperti tengah mengalami dehidrasi. Alhasil semakin banyak air yang masuk, maka semakin keras juga ginjal bekerja mengeluarkan urin tambahan yang berakibat pada terhambatnya insulin sehingga membuat gula darah tinggi.

2. Sulit untuk berkonsentrasi

unsplash.com/hermez777

Glukosa dibutuhkan untuk membantu kinerja otak menjadi maksimal. Namun bila kadar glukosa dalam tubuh melebihi ambang batas atau terlalu tinggi maka hal yang terjadi adalah kesulitan untuk berkonsentrasi, karena kadar gula yang berlebihan ini mengganggu fungsi insulin yang seharusnya memasok energi bagi tubuh dan otak.

3. Pemulihan luka jadi melambat

unsplash.com/aggergakker

Pada dasarnya tubuh memiliki daya tahan tubuh dan perlindungan khusus untuk memulihkan luka yang terjadi. Namun hal tersebut tidak bisa berfungsi normal jika kadar gula darahmu terlalu tinggi. Kondisi ini membuat arteri menegang, pembuluh darah menyempit, dan penurunan aliran darah ke seluruh tubuh. Maka dari itu proses penyembuhan luka seperti memar menjadi sangat lambat.

4. Hasrat tinggi untuk tidur siang

unsplash.com/katya

Karena mudah merasa lelah, kebiasaan tidur siang yang tadinya tidak pernah dilakukan bisa secara tiba-tiba muncul ketika kadar gula darah tinggi. Ini membuat penderitanya merasa sangat lelah dan mengantuk. Kerap terbangun di malam hari untuk membuang air kecil juga bisa menjadi penyebab terjadinya kantuk berat di siang hari.

5. Nyeri pada gusi dan gigi

unsplash.com/liaoweimeifang

Dampak dari kadar gula darah yang tinggi bisa berakibat hingga ke bagian gigi dan gusi. Muncul rasa nyeri dan tidak nyaman, karena kadar gula darah tinggi dapat menyebabkan produksi air liur yang menurun. Kondisi mulut seperti ini tentu membuat gusi dan gigi menjadi tidak normal sehingga berujung pada rasa nyeri.

6. Terjadi masalah penglihatan

unsplash.com/viniciusamano

Diabetes ternyata juga bisa memengaruhi kesehatan mata. Kadar gula darah yang tinggi dapat menimbulkan kerusakan atau gangguan penglihatan seperti mata kabur. Keadaan seperti ini disebabkan oleh lensa mata yang membengkak, sehingga bila terus dibiarkan dapat berakibat fatal seperti kebutaan. 

Gula darah tinggi harus segera ditangani dengan baik sebelum menimbulkan banyak masalah kesehatan. Karena kalau sudah menjadi penyakit bakal lebih susah untuk mengobatinya guys. Oleh karena itu kamu harus peka dengan gejalanya sejak dini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kesehatan

Cara Menurunkan Asam Urat, Ubah Pola Makan dan Gaya Hidup

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Asam urat adalah jenis radang sendi yang berkembang ketika kadar asam urat darah tinggi secara tidak normal. Asam urat membentuk kristal di persendian, seringkali di kaki dan jempol kaki, yang menyebabkan pembengkakan parah dan menyakitkan. Beberapa orang memerlukan obat untuk mengatasi asam urat, tetapi perubahan pola makan dan gaya hidup juga dapat […]

Read more
Kesehatan Makassar

DWP Unit Kerja Bapenda Makassar Gelar Bakti Sosial Pemeriksaan Kesehatan dan Donor Darah

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Makassar, unit kerja Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Makassar melaksanakan bakti sosial pemeriksaan kesehatan dan donor darah yang diadakan di Kantor Bapenda, Rabu (7/2/2024). Kegiatan ini bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) dan RSUD Labuang Baji yang sejalan dengan program kerja Bidang Sosial Budaya DWP. Baksi […]

Read more
Ibu dan Anak Kesehatan Makassar SULSEL

Sekda Imbau Pentingnya Komitmen Penuh Stakeholder Tangani Penurunan Stunting

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM — Pj Sekda Kota Makassar, Firman Hamid Pagarra mengimbau agar seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk fokus berperan dalam aksi percepatan penurunan angka stunting di Kota Makassar. Hal itu diungkapkan saat memimpin Rapat Kordinasi (Rakor) Percepatan Penurunan Angka Stunting 2024 yang digelar di Ruang Sipakalebbi, Senin (5/2/2024). Ia menyampaikan perlunya komitmen dan upaya […]

Read more